Minggu, 20 Agustus 2017

Ade Rai: Sehat itu mudah dan murah

id ade rai di padang, duta kesehatan
Ade Rai: Sehat itu mudah dan murah
Duta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ade Rai. ( ANTARA SUMBAR/Ikhwan Wahyudi)
...Sehat itu bukan tujuan melainkan syarat, karena ketika seseorang sehat ia dapat bekerja, memberikan kebaikan bagi orang banyak serta berkarya, katanya...
Padang (ANTARA Lampung) - Duta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ade Rai mengemukakan penerapan pola hidup sehat sebenarnya mudah dan murah karena jika seseorang sakit maka biaya yang dikeluarkan untuk mengobati jauh lebih mahal.

"Ketika seseorang mengalami gagal ginjal harus menjalani cuci darah, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp1,4 juta dan itu wajib dua kali seminggu sampai sembuh," katanya di Padang, Kamis saat sarasehan BPJS Kesehatan dengan Korpri Sumbar.

Menurutnya sehat itu bukan tujuan melainkan syarat, karena ketika seseorang sehat ia dapat bekerja, memberikan kebaikan bagi orang banyak serta berkarya.

Ia memaparkan sehat adalah kemampuan memberikan dan menciptakan kesenangan pada organ tubuh yang dapat diperoleh dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang baik dan istirahat cukup.

"Mencari sehat saat masih dimiliki mudah dan murah namun ketika sudah pergi menjadi mahal dan susah diperoleh dan belum tentu sembuh," kata dia.

Ia mengibaratkan sakit itu seperti seseorang yang sudah jatuh kemudian tertimpa tangga karena selain tidak enak juga harus mengeluarkan biaya agar kembali sehat.

"Saat seorang perempuan membeli barang-barang mahal itu dipandang konsumtif, padahal ada yang jauh lebih konsumtif yaitu ketika orang sakit rela mengeluarkan uang berapa pun demi mendapatkan kesehatan," ujarnya.

Ia menerangkan selama ini penyebab sakit dua hal yaitu sesuatu yang berasal dari luar seperti kecelakaan dan penyakit kronis yang disebabkan ulah diri sendiri.

"Paling banyak orang sakit disebabkan ulah sendiri, kalau ada yang mengatakan itu faktor umur sebenarnya akibat perlakuan saat muda, seandainya sejak awal menerapkan pola hidup benar maka akan memetik sehat di masa tua," kata dia.

Ia memberikan analogi kendaraan kuno memiliki nilai yang tinggi karena dirawat secara baik oleh pemiliknya demikian juga tubuh manusia.

"Oleh karena itu selagi masih sehat jauh lebih mudah untuk menerapkan pola hidup baik guna untuk mencegah terserang penyakit," katanya.

Namun uniknya ada orang makan sembarangan, istirahat kurang, yang pria merokok bahkan memakai narkoba dan minuman keras, begitu mendapat masalah pada tubuh justru menyalahkan BPJS Kesehatan, padahal sakit yang dialami karena ulah sendiri, lanjut dia.

Ia mengatakan saat ini penyakit yang banyak terjadi adalah obesitas atau kelebihan berat badan, sehingga organ tubuh bekerja lebih berat.

Menurutnya kunci untuk hidup sehat adalah menjaga makanan yang masuk ke tubuh karena jika semua masuk ibarat rumah akan menyebabkan banyak sampah yang masuk.

Lalu meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga secara rutin dan beristirahat dengan cukup dan berkualitas.

Sementara Kepala Departmenen Administrasi Kepesertaan Pekerja Penerima Upah BPJS Kesehatan Lucky Hefriat mengatakan pihaknya terus mengedukasi masyarakat agar kesadaran hidup sehat meningkat. (Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0115 seconds memory usage: 0.35 MB