Ribuan Umat Hindu Lampung Rayakan Dharmasanti

id gubernur ridho dan nyepi

Ribuan Umat Hindu Lampung Rayakan Dharmasanti

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat menghadiri perayaan Dharmasanti di Lapangan Korpri Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Selasa (18/4)(ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ribuan umat Hindu se-Provinsi Lampung melaksanakan perayaan Dharmasanti di Lapangan Korpri Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Bandarlampung, Selasa.

Pada acara itu hadir Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dan ribuan umat Hindu yang memenuhi lapangan Korpri.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam kesempatan itu menyatakan terima kasih kepada umat Hindu yang berkenan merayakan Dharmasanti bersama jajaran Pemerintah Provinsi Lampung.

Hal tersebut menurutnya juga merupakan simbol bahwa masyarakat Hindu merupakan bagian dari keluarga besar yang turut mengayomi dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

"Saya berharap melalui kegiatan ini kekompakan dan keguyuban umat Hindu se-Provinsi Lampung semakin kuat, semakin kompak, dan semakin besar," ujarnya.

Ridho menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyadari bahwa jasa besar umat Hindu bukan hanya bagi Provinsi Lampung tetapi terkait dengan Kebangsaan Indonesia.

Menurutnya, jasa besar umat Hindu kepada bangsa, memberikan pondasi yang fundamental terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ridho menjelaskan bahwa Provinsi Lampung adalah provinsi yang penuh keanekaragaman dan merupakan perwujudan kebhinekaan secara utuh. Bahkan dengan istilah Provinsi Lampung adalah Indonesia mini dikarenakan hampir seluruh suku yang ada di Indonesia berada di Provinsi Lampung.

"Gubernur Bali menyampaikan bahwa setelah Bali, keturunan suku Bali terbesar beradaptasi di Lampung," ujarnya.

Terkait pembangunan di Provinsi Lampung, pihaknya meminta agar diberikan dukungan, doa dan restu agar berjalan dengan lancar dan sukses dan berharap perayaan Dharmasanti ini sebagai perayaan kemenangan setelah perjuangan yang telah dilalui pada saat Nyepi dan perayaan lainnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Lampung turut memberikan bantuan tunai kepada 75 orang pengurus Pasraman dan 100 orang Pemangku Pura serta wisata rohani untuk 450 masyarakat Hindu se-Provinsi Lampung.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengajak seluruh umat Hindu se-Provinsi Lampung untuk terus meningkatkan kebersamaan dan partisipasi dalam berbagai tatanan pemerintahan, serta turut menjaga Bhineka Tunggal Ika dan toleransi antarumat beragama.

Menurutnya setiap umat Hindu harus mampu memiliki moral yang baik, memiliki kecerdasan serta berani dalam mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya. Sehingga terjalin silaturahmi dan kerjasama yang baik dengan seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat di Provinsi Lampung.

"Pemangku untuk menyampaikan kepada umat agar menjaga silaturahmi dengan Pak Gubernur. Hormat dan lempar senyum kepada Pak Gubernur dan sesepuh. Jangan sampai terjadi hal aneh-aneh. Itu baru mampu menjaga kerja sama dan toleransi kehidupan beragama, imbaunya,

Wisnu juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga umat Hindu akan sumbangsih dan perhatian Gubernur Lampung dengan memberikan bantuan berupa tanah yang akan digunakan umat untuk membangun pusat pendidikan.

Sehingga ke depan diharapkan umat Hindu se-Provinsi Lampung dapat meningkatkan kualitas dalam berkompetisi secara global.  (Ant)