Suriah rebut kembali Provinsi Hama

id Perang Suriah dan Irak

Suriah rebut kembali Provinsi Hama

Pasukan opisisi Suriah bertempur melawan pasukan pemerintah dekat Daraa, Suriah. (Sham News Network/latimes.com)

Amman (Antara/Reuters) - Tentara Suriah merebut kembali Soran, kota strategis di utara provinsi Hama, pada Minggu dalam perlawanan didukung serangan udara Rusia, kata pemberontak dan warga sekitar.
        
Sebagian besar pemberontak telah meninggalkan kota itu setelah tentara melakukan serbuan dengan puluhan serangan jet, yang diyakini milik Rusia, sejak subuh, termasuk serangan bom parasut, yang juga membidik kota lain di daerah itu, seperti, Latamneh dan Kafr Zeita.
        
"Terjadi pengeboman terhadap kota dan seluruh daerah, pemberontak berusaha melawan dengan melakukan pertempuran sengit sampai akhirnya mereka terpaksa menarik diri keluar dari wilayah itu," kata pemberontak anggota dari Kelompok Jaish al Izza, yang memiliki peran kuat di provinsi Hama. Anggota pemberontak itu tidak bersedia disebutkan jatidirinya.
        
"Pasukan itu dibantu petempur Syiah dukungan Iran, yang membantu pasukan pemerintah," kata pemberontak tersebut.
        
Soran adalah gerbang utara bagi tentara untuk memasuki Kota Hama, ibukota provinsi tersebut. Wilayah Itu sebelumnya diambil alih tentara, namun direbut kembali dalam serangan terakhir petempur pemberontak pada tahun lalu.

Penerjemah : Aulia/B Soekapdjo