Bandara Taufiq Kiemas Persingkat Waktu ke Pesisir Barat

id bandara taufiq kiemas

Bandara Taufiq Kiemas Persingkat Waktu ke Pesisir Barat

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo foto bersama saat meninjau Bandara Taufiq Kiemas, Pekon Serai di Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (13/4). (ist)

...Jika ke Pesisir Barat dengan mobil memakan waktu 5-6 jam, maka jika pesawat berbadan lebar sudah dapat mendarat di sana (Bandara Taufiq Kiemas-red) menjadi sekitar 1 jam saja, katanya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan keberadaan Bandara Taufiq Kiemas di Pekon Serai, Kabupaten Pesisir Barat akan mempersingkat waktu masyarakat Lampung menuju Pesisir Barat, dari sekira enam jam menjadi satu jam.

"Jika ke Pesisir Barat dengan mobil memakan waktu 5-6 jam, maka jika pesawat berbadan lebar sudah dapat mendarat di sana (Bandara Taufiq Kiemas, Red) menjadi sekitar 1 jam saja," katanya di Bandarlampung, Sabtu (15/4)

Waktu tempuh perjalanan udara dari Bandara Radin Inten II, Lampung, ke Bandara Taufiq Kiemas (Pesisir Barat), diperkirakan satu jam.

Ridho Ficardo mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung memprioritaskan pembangunan Bandara Taufiq Kiemas, untuk membuka akses konektivitas ke Pesisir Barat sebagai penunjang akselerasi pariwisata di daerah itu.

Ia menambahkan pihaknya terus memantau perkembangan pembangunan bandara tersebut, seperti ketersediaan lahan untuk perluasan landasan pacu dan sarana pendukung pembangunan bandara.

"Pembangunan bandara iitu dipastikan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan terutama bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan pantai, yang merupakan salah satu terbaik di dunia untuk surfing," ujar Ridho.

Pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat, lanjutnya, merupakan salah satu dari 8 program prioritas pembangunan Provinsi Lampung.

"Saya optimistis pembangunan bandara tersebut juga mendorong ekonomi masyarakat setempat untuk tumbuh, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di koridor barat," ujarnya.

Ridho mengemukakan pembangunan Bandara Taufiq Kiemas antara lain difokuskan pada pembangunan landasan pacu bandara agar dapat didarati pesawat berbadan lebar, koordinasi dengan berbagai maskapai penerbangan guna membuka rute penerbangan ke Pesisir Barat.

Gubernur Lampung juga menekankan percepatan perbaikan infrastruktur menuju bandara yang telah dianggarkan pada 2017.