Pembangunan Bandara Taufik Kiemas Percepat Pertumbuhan Ekonomi

id gubernur ridho dan bandara krui

Pembangunan Bandara Taufik Kiemas Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat meninjau pembangunan Bandara Taufik Kiemas (Pekon Serai) Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (13/4) (foto: ist)

...Saya optimistis pembangunan bandara tersebut ekonomi masyarakat setempat dapat tumbuh, kata Gubernur...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pembangunan Bandara Taufiq Kiemas (Pekon Serai) Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

"Saya optimistis pembangunan bandara tersebut ekonomi masyarakat setempat dapat tumbuh," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di Bandarlampung, Jumat (14/4).

Ia mengatakan pihaknya terus memantau progres pembangunan bandara guna mendorong konektivitas antarwilayah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di koridor barat.

Menurut dia, pembangunan bandara tersebut dampaknya bagus, mengingat ekonomi dan objek wisata, travel agen, penginapan yang dibangun pihak swasta juga dipastikan akan tumbuh.

Ridho menekankan tiga hal dalam pembangunan Bandara Taufiq Kemas, yakni pembangunan landasan pacu bandara sebagai upaya penambahan jenis pesawat berbadan besar agar bisa mendarat.

Selain itu, ia juga mengingatkan satuan kerja terkait untuk menjalin koordinasi dengan berbagai maskapai penerbangan guna membuka rute penerbangan ke Pesisir Barat.

Gubernur Lampung itu juga menekankan percepatan perbaikan akses infrastruktur menuju bandara yang telah dianggarkan pada tahun ini.

"Hal itu terkait dengan upaya Pemerintah Provinsi Lampung mendorong sektor pariwisata di Pesisir Barat. Pemprov sendiri merencanakan penambahan panjang landasan sepanjang 300 meter, yang saat ini kondisinya hanya 1.100 meter. Kementerian Perhubungan merincikan idealnya panjang landasan berkisar 1.300 hingga 1.400 meter," ujarnya.

Ridho Ficardo mengingatkan akan posisi Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera memiliki peran strategis dalam pertumbuhan perekonomian di pulau ini, untuk itu perlu komitmen dari semua pihak dalam mendukung percepatan pembangunan sistem konektivitas tersebut.  (Ant)