Pemprov Lampung Gelar Lomba Masak Ikan

id yustin dan lomba masak ikan

Pemprov Lampung Gelar Lomba Masak Ikan

Ketua Umum Forikan Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ridho Ficardo sedang melihat kemeriahan lomba masak ikan di Bandarlampung, Kamis (13/4) ( st)

...lomba masak ikan tersebut sebagai upaya untuk memasyarakatkan makan ikan...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar lomba masak serba ikan sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi komoditas tersebut.

"Lomba ini sebagai upaya mengajak seluruh masyarakat Lampung meningkatkan konsumsi ikan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan di daerah ini," kata Ketua Umum Forikan Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Kamis (13/4).

Selain itu, lanjutnya, lomba masak ikan tersebut sebagai upaya untuk memasyarakatkan makan ikan.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama di Provinsi Lampung, serta dapat memanfaatkan potensi ekonomi pasar dalam negeri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan.

Yustin menambahkan lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Lampung itu diharapkan mampu memperkenalkan ragam pangan unggulan hasil perikanan. Selain itu, meningkatkan keterampilan memasak memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat serta menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

"Untuk itu, perlu kebersamaan dalam mendukung dan memprogramkan kegiatan yang mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan konsumsi makanan ikan, khususnya bagi Provinsi Lampung," katanya lagi.

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan lomba masak ikan secara tidak langsung akan mampu meningkatkan inovasi dalam mengolah masakan berbahan ikan, sehingga ada variasi dalam menciptakan sebuah makanan sehat.

"Saya meminta untuk mengolah masakan, tidak menggunakan bumbu berbahan kimia. Makanan yang enak bukan berasal dari bahan kimia, melainkan cara mengolah makanan tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan lomba masak ikan itu juga sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyebarluaskan program kampanye makan ikan, meningkatkan pemanfaatkan hasil perikanan lokal dalam penguatan pertahanan pangan rumah tangga lokal, regional dan nasional, mengembangkan budaya makan ikan dan meningkatkan konsumsi makan ikan di Lampung.    (Ant)