Ribuan Warga Pesisir Barat 'Ngunduh' Damar

id gubernur ridho ngunduh damar, m ridho ficardo, gubernur lampung

Ribuan Warga Pesisir Barat 'Ngunduh' Damar

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat menggunakan peralatan untuk mengunduh getah damar di Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (13/4) (ist)

Pesisir Barat, Lampung (ANTARA Lampung) - Ribuan warga termasuk para petani di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung menggelar `ngunduh` atau mengambil getah damar mata kucing dalam rangka acara Festival Teluk Stabas IV 2017.

Acara `ngunduh` getah damar yang dihadiri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Pesisir Barat, Kamis (13/4), mendapatkan penghargaan dan tercatat oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta terbanyak 1.100 orang.

Gubernur Lampung dalam kesempatan itu turut serta mencoba menggunakan perlengkapan ngunduh damar yang biasa dipakai oleh masyarakat dan petani sekitar ketika akan mengambil getah damar.

"Ngunduh damar yang merupakan rangkaian acara Festival Teluk Stabas, Krui Fair, dan HUT ke-4 Kabupaten Pesisir Barat 2017. Saya berharap ke depan acara ini juga dapat dihadiri dan diikuti oleh peserta dari mancanegara dan dikenal sebagai daya tarik pariwisata di Pesisir Barat," ujarnya lagi.

Ridho dalam kesempatan itu juga menyampaikan kekaguman terhadap potensi alam dan pariwisata yang dimiliki oleh kabupaten termuda di Provinsi Lampung itu.

Menurutnya, potensi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Pesisir Barat yang juga dikenal sebagai Bali-nya Lampung.

"Dengan potensi yang ada ditambah dengan tempat wisata yang memiliki keindahan dan masyarakat yang ramah, tentu akan menjadi nilai tambah bagi Pesisir Barat. Mari kita majukan bersama-sama potensi yang dimiliki Pesisir Barat ini," ujarnya lagi.

Pihaknya akan terus mengembangkan wilayah Pesisir Barat dengan melakukan terobosan konektivitas transportasi darat, laut serta udara termasuk salah satunya memperbaiki infrastruktur agar terbuka akses hilirisasi produk pertanian sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menyampaikan harapan terhadap dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki Pesisir Barat.

"Apalagi potensi damar Kabupaten Pesisir Barat sudah dikenal hingga mancanegara, Untuk itu kami terus mengupayakan penanaman pohon damar secara besar-besaran yang dilakukan pemkab dan masyarakat di Pesisir Barat," katanya lagi.   (aNT)