Pertamina Retail Gelar Pelatihan Mekanik Siswa SMK

id pertamina dan csr

Pertamina Retail Gelar Pelatihan Mekanik Siswa SMK

Ketua Tim CSR PT Pertamina Retail, Yoesoef Alfredo S memberikan bantuan alat mekanik dan pelumas yang diterima Kepala Sekolah SMK N 7 Bandarlampung, Rabu (12/4). (FOTO:ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

...Kami menggelar pelatihan siswa terampil mekanik bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Lampung yang tujuannya memberikan bekal keahlian di bidang otomotif, kata Yoesoef...
Bandarlampung (ANTARA Lampung)- Pertamina Retail menggelar pelatihan mekanik kepada ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Bandarlampung, Lampung.

"Kami menggelar pelatihan siswa terampil mekanik bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Lampung yang tujuannya memberikan bekal keahlian di bidang otomotif," kata Ketua Tim CSR Pertamina Retail Yoesoef Alfredo.S, di Bandarlampung, Rabu (12/4).

Ia menyebutkan, program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Retail bidang pendidikan itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif.

Menurutnya, bekal tersebut nantinya bisa digunakan para siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik bahkan pemilik bengkel.

Pelatihan mekanik di SMK Negeri 7 Bandarlampung, lanjutnya, dilaksanakan selama satu hari itu, telah diselenggarakan untuk yang ke tiga puluh tiga kalinya di sejumlah daerah seperti Batam, Palembang, Bengkulu, Medan, dan Lampung.

PT Pertamina Retail juga akan menggelar kembali kegiatan bertema "Pelatihan Siswa Terampil Mekanik" di sejumlah daerah seperti di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Yoesoef menjelaskan di Lampung sekolah yang terpilih yaitu SMK Negeri 7 Bandarlampung. Sebelumnya juga telah digelar pelatihan yang sama di SMK 5 Bandarlampung.

Kegiatan serupa juga diselenggarakan di sekolah swasta maupun negeri secara nasional.

"Pertamina Retail memberikan teori dan praktik untuk peningkatan kompetensi siswa dan kami berharap ke depannya bisa mengurangi angka pengangguran," lanjutnya.

Pada pelatihan ini juga, siswa akan dikenalkan dengan praktik penggantian pelumas menggunakan produk Pertamina untuk kendaraan roda dua.

Acara ditutup dengan praktik penggantian pelumas untuk delapan sepeda motor yang dipandu langsung oleh mekanik dari Bright Olimart, yang merupakan salah satu unit bisnis PT Pertamina Retail yang berada pada SPBU COCO.

Pada kesempatan yang sama, PT Pertamina Retail juga memberikan bantuan CSR berupa seperangkat peralatan alat penggantian pelumas dan produk Pertamina berupa pelumas Enduro Matic dan Enduro Racing, serta peralatan makanik seperti kompresor dan lain-lain.   (Ant)