Unila Akan Terima 5.000 Mahasiswa Baru

id unila, wakil rektor bidang akademik, bujang rahman

Unila Akan Terima 5.000 Mahasiswa Baru

Wakil Rektor I (Bidang Akademik), Prof. Dr. H. Bujang Rahman, M.Si. (dosen.fkip.unila.ac.id)

Mereka yang hafiz Al Quran minimal 10 juz dan pernah menjuarai bidang olahraga atau seni budaya tingkat nasional dipastikan diterima di Unila,...
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Universitas Lampung (Unila) akan menerima 5.000 mahasiswa baru tahun ajaran 2017-2018.

"Kita telah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru, yang dibuka hingga tanggal 5 Mei sampai pukul 00.00 WIB," Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Unila Prof. Dr. H. Bujang Rahman, M.Si., di Bandarlampung.

Dia mengatakan, bahwa pada tahun ini Unila berencana akan menerima 5.000 calon mahasiswa baru.

Saat ini Unila pun sudah membuka jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota sebanyak 2.379 calon mahasiswa.

"Kategori tes akan dilakukan melalui tes tertulis dan komputer, dengan ketersediaan komputer yang ada sebanyak 320 unit," kata dia.

Khusus untuk jalur mandiri tahun ini ada yang berbeda yakni, peserta harus hafal Al Quran minimal 10 juz atau memiliki prestasi minimal tingkat nasional, baik itu bidang olahraga atau pun seni.

"Mereka yang hafiz Al Quran minimal 10 juz dan pernah menjuarai bidang olahraga atau seni budaya tingkat nasional dipastikan diterima di Unila," kata dia.

Ia melanjutkan, bahwa nantinya calon mahasiswa mandiri akan tetap dikenakan tes dan jadwal jalur mandiri dibuka bulan Juni, dengan penerimaan sebanyak 786 mahasiswa baru yang akan diterima.

Pihak Unila memberlakukan hal ini kepada mahasiswa baru, agar memiliki ahlak yang baik dan bukan hanya pintar secara akademik.

Sementara itu, untuk naskah soal jalur mandiri dibuat langsung oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah Barat.

"Nanti soal ujian mandiri bagi kampus di wilayah barat itu sama soalnya. Dengan harapan adanya badan yang baru ini bisa memetakan mutu pendidikan," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada 17 kampus yang telah bergabung di BKS-PTN tersebut.*