Wali Kota: Copot RT Tak Jalankan Siskamling

id wali kota bandarlampung, herman hn, copot rt tidak siskamling

Wali Kota: Copot RT Tak Jalankan Siskamling

Wali Kota Bandarlampung Herman HN (Foto: ANTARA LAMPUNG/Roy Baskara Pratama)

...Masalah keamanan dan ketertiban akan kita tingkatkan lagi, sebab itu bukan hanya menjadi peran kepolisian, tetapi kita semua, kata Wali Kota...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengultimatum ketua RT tidak menjalankan sistem keamanan lingkungan (siskamling) akan dicopot karena menjaga keamanan di lingkungan sekitar termasuk kewajibannya.

"Sudah kewajiban ketua RT untuk menggelar siskamling pada malam hari, termasuk membantu menjaga keamanan pada siang hari," kata Herman, di Bandarlampung, Senin (10/4).

Dia mengatakan, dalam waktu dekat segera mengetahui mana saja wilayah yang tidak menggelar siskamling, dan laporan itu akan menjadi evaluasi.

Laporan itu akan menjadi evaluasi bagi ketua RT, apakah akan dicopot untuk diberi sanksi tegas.

"Bisa saja dicopot, masa jabatan kerja ketua RT yang saya ketahui hanya tiga tahun," kata dia lagi.

Dia menegaskan ketua RT diminta bekerja lebih giat lagi, terlebih dana insentifnya tahun 2016 selama empat bulan telah dibayarkan.

"Kami telah membayarkan insentif RT, agar mereka lebih bersemangat dalam bekerja," katanya pula.

Herman mengatakan, dana insentif itu untuk pembayaran empat bulan tahun 2016 yang pembayarannya tertunda.

Ia melanjutkan, ketua RT juga diminta untuk membantu camat dan lurah dalam menarik tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang belum terbayarkan.

"Saya minta ketua RT membantu menarik tunggakan PBB, dengan begitu insentif RT bisa langsung dibayarkan," katanya lagi.

Dia pun mengimbau camat dan lurah bekerja dengan giat termasuk ketua RT, termasuk dalam menagih tunggakan PBB.

Selain itu, sesuai dengan imbauan Kapolri Jenderal Tito Karnavian beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Bandarlampung, agar masyarakat turut membantu peran babinkamtibmas dan babinsa.

"Masalah keamanan dan ketertiban akan kita tingkatkan lagi, sebab itu bukan hanya menjadi peran kepolisian, tetapi kita semua," katanya.

Wali Kota Bandarlampung itu menegaskan, tugas bersama semua untuk menjaga keamanan, sebab jika aman berarti ekonomi di wilayah ini bisa meningkat dan masyarakat sejahtera.

Jika aman tentunya masyarakat sejahtera, sebab itu salah satu indikator bagi pengusaha yang ingin berinvestasi di wilayah ini, katanya pula.   (Ant)