Lampung Targetkan 50 Persen SMA/MA Ikut UNBK

id kadisdik sulpakar dan unbk, kepala dinas pendidikan dan kebuadayaan, provinsi lampung, sulpakar

Lampung Targetkan 50 Persen SMA/MA Ikut UNBK

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar saat memberikan keterangan kepada wartawan usai memantau pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Bandarlampung, Senin (10/4) (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan 50 persen sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di Provinsi Lampung dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2018.

"Total keseluruhan SMA/MA yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer saat ini ada 231 sekolah dengan peserta 30.941 siswa," kata . Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, usai memantau pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Bandarlampung, Senin  (10/4)

Ia menyebutkan berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, tercatat total SMA/MA yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) ada 653 sekolah dengan peserta 35.408 siswa.

Menurutnya, SMA/MA se-Lampung yang mengikuti ujian UNBK dan UNPK yaitu 884 sekolah dengan jumlah peserta 66.349 siswa.

"Saya berharap tahun depan sekolah yang menggelar UNBK sebesar 50 persen dari total sekolah SMA/MA se-Lampung," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Lampung, lanjutnya, telah berupaya dalam menyiapkan pelaksanaan UN agar mampu terlaksana dengan tertib dan baik tanpa adanya suatu kendala.

Ia mengharapkan ujian dapat berlangsung dengan tertib dan baik. Selain itu, para siswa telah berkonsentrasi dengan baik untuk melaksanakan Ujian Nasional.

Sulpakar mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung saling berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi adanya suatu kecurangan.

"Khusus UNBK dan UNKP tidak ada ujian bocor. Kalaupun ada hanya provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu pelaksanaan ujian nasional ini. Selain itu, kami berharap agar orang tua mendukung anaknya yang sedang melaksanakan UN agar tidak terpengaruh dengan provokasi ini," kata Sulpakar.

Ia juga menambahkan khusus bagi siswa yang berhalangan hadir baik karena sakit ataupun terkendala persoalan hukum, maka akan diberikan keringanan yaitu mengikuti ujian susulan.

Rombongan pejabat Pemprov Lampung yang dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM Harun Al Rasyid mengunjungi pelaksanaan UNBK di tiga SMA/MA di Bandar lampung, yakni MAN 1 Bandar Lampung, SMA Al-Kautsar dan SMA Negeri 2 Bandarlampung.

Mengenai hasil kunjungannya di MAN 1 Bandar Lampung, Harun menjelaskan bahwa pada tahun ajaran 2016/2017, siswa yang mengikuti UN berjumlah 423 siswa dengan tiga sesi pelaksanaan, sedangkan di SMA Al-Kautsar jumlah siswa yang mengikuti UN berjumlah 294 siswa dan terakhir di SMA 2 Bandar Lampung dengan jumlah siswa yang mengikuti UN berjumlah 427 siswa. (Ant)