Kapolri Dukung Penindakan Begal Secara Tegas

id kapolri, tito karnavian

Kapolri Dukung Penindakan Begal Secara Tegas

Kapolri di Mapolda Lampung Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Lampung Irjen Sudjarno tengah jalan bersama dalam kunjungannya di Polda Lampung, Kota Bandarlampung, Jumat (7/4). (ANTARA Lampung/Roy BP/yoks) ()

Saya sangat mendukung apa yang dilakukan Polda Lampung dalam penindakan pelaku begal,
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendukung penindakan begal secara tegas dan terukur, Apabila jika ada perlawanan.

"Saya sangat mendukung apa yang dilakukan Polda Lampung dalam penindakan pelaku begal," kata Jenderal Tito usai berkunjung ke Polda Lampung, Jumat.

Dia mengatakan, selama proses hukum benar tentunya akan didukung secara penuh, termasuk jika ada perlawanan dari kelompok begal tersebut.

Namun, sangat disayangkan dengan adanya foto Tim Rangger Tekab 308 Polresta Bandarlampung yang menjadi viral tersebut, sebab itu sangat kurang etis.

"Saya rasa itu kurang etis dan sama sekali tidak beretika, tapi saya hargai mereka berhasil mengungkap perkara begal," kata dia.

Meskipun secara hukum tembakan mati diperkenankan sepanjang polisi berhadapan dengan pelaku tindak kejahatan yang membahayakan mereka, aksi berfoto bersama jenazah pelaku tidak dibenarkan.

Dirinya pun sudah memberikan arahan kepada personel Polda Lampung, agar lebih baik lagi dalam bekerja.

"Saya minta untuk kapolda Lampung dapat memberikan arahan ke PERSONEL tersebut, jangan sampai para anggota yang telah berjuang keras mengalami demoralisasi atau penurunan moral karena masalah ini," kata dia.

Bila perlu Tim RanggerTekab 308 Polresta Bandarlampung dipertahankan, dan kembali diingatkan olehnya kasus ini jangan sampai membuat semangat personel turun atau terulang kembali.

"Jika perlu penindakan harus sesuai aturan tegas dan terukur," kata dia.

Dalam foto yang menjadi viral di media sosial tersebut, belasan anggota kepolisian tampak berdiri dan ada pula yang berjongkok di depan jenazah para pelaku begal yang dijajarkan di tanah.

Sebelumnya, tim Ranger Tekab 308 Polresta Bandarlampung berhasil melakukan penyergapan terhadap kelompok begal dan pencurian kendaraan bermotor pada Sabtu (1/4).

Menurut Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono, penyergapan yang dilakukan pukul 03.00 WIB di wilayah Kota Bandarlampung berlangsung dengan sengit, sebab pelaku melakukan perlawanan aktif dengan menembakkan senjata api rakitan ke arah petugas.

Kelompok ini melakukan perlawanan aktif saat akan ditangkap, sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur.

"Sempat terjadi baku tembak antara para pelaku dan petugas, hingga akhirnya lima orang pelaku berinisial SF, JN, RK, IN dan HM yang seluruhnya warga Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur berhasil dilumpuhkan," kata dia.

Kelima pelaku tewas saat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Bandarlampung.