Wali Kota: TMMD Bantu Pembangunan Bandarlampung

id wali kota buka tmmd, herman hn, wali kota bandarlampung

Wali Kota: TMMD Bantu Pembangunan Bandarlampung

Wali Kota Bandar Lampung Heman HN (tengah) foto bersama usai membuka secara resmi TMMD ke-98 di Lapangan Batuputu, Kecamatan Telukbetung Barat (TBB), Bandarlampung, Rabu, (5/4). (korem-043-gatam.mil.id)

...Wilayah pinggiran kota akan lebih maju dengan kegiatan TMMD ini, bukan hanya pemerintah melainkan masyarakat sekitar lokasi kegiatan yang merasakan manfaatnya, kata Herman...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98/2017 merupakan salah satu bentuk kegiatan yang membantu pembangunan "Kota Tapis Berseri" agar lebih merata.

"Wilayah pinggiran kota akan lebih maju dengan kegiatan TMMD ini, bukan hanya pemerintah melainkan masyarakat sekitar lokasi kegiatan yang merasakan manfaatnya," kata Wali Kota usai membuka secara resmi TMMD ke-98 di Lapangan Batuputu, Kecamatan Telukbetung Barat (TBB), Bandarlampung, Rabu (5/4).

Dia mengatakan pemerintah dan masyarakat mendukung kegiatan TMMD ini sebab dengan adanya kegiatan ini pemkot sangat terbantu dalam hal pembangunan daerah di pinggiran kota.

Dalam kegiatan ini, pemkot memberikan bantuan dana sebesar Rp600 juta ditambah bantuan dari masyarakat dan pengusaha yang ada di Kota Bandarlampung.

Dia mengharapkan TMMD ini menghasilkan produk pembangunan yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, lalu bisa membangun semangat gotong royong dalam pengentasan kemiskinan, keterbelakangan, ketertinggalan pembangunan di lingkungan perdesaan.

"Lokasi TMMD yang dipusatkan di Kelurahan Sukarame II Bandarlampung ini diharapkan bisa meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial dalam kerangka membangun memperkuat ketahanan masyarakat dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam," katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat yang ada di wilayah ini agar dapat menjadikan karya bhakti TMMD untuk terus dikembangkan, dijaga dan pelihara bersama.

"Majunya sebuah desa akan tergantung pada semangat usaha serta kerja keras dan partisipasi setiap warga," kata dia.

Sementara itu, Komandan Korem 043 Garuda Hitam, Kolonel Inf Hadi Basuki menyatakan, TMMD ini merupakan operasi militer tidak perang dan khusus di Lampung hanya Kota Bandarlampung serta Kabupaten Waykanan, tujuan dari kegiatan ini adalah mencari kebutuhan dari masyakat dan dikaji kemudian diajukan ke pemerintah daerah setempat.

"Anggaran sepenuhnya dari pemerintah setempat, TNI pun memiliki anggaran sendiri untuk makan anggotanya selama operasi sebab selama TMMD anggota TNI akan tinggal di rumah warga," kata dia.

Ia mengatakan dengan operasi TMMD ini pihaknya menginginkan langsung keterlibatan masyarakat dalam membangun desanya.

"Harapannya masyarakat bisa mengatur waktunya agar bisa ikut serta dalam membangun desanya," kata dia.