Bupati Lampung Tengah Buka Panen Raya Perdana

id bupati mustafa panen padi perdana, lampung tengah

Bupati Lampung Tengah Buka Panen Raya Perdana

Bupati Lampung Tengah Mustafa (tengan) membuka panen raya perdana di Kampung Rejosari, Kecamatan Seputihmataram, Minggu (2/4). (FOTO: ANTARA Lampung/Humas Pemkab Lampung Tengah)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa membuka panen raya perdana dan sekaligus menyerahkan bantuan empat unit mesin pemanen padi dan bantuan lain di Kampung Rejosari, Kecamatan Seputihmataram, Minggu (2/4).

Selain itu, Bupati juga menyerahkan bantuan penampung air atau embung 2 unit, sumur bor 4 paket, pompa air 2 unit, traktor tangan 2 unit dan power craser mini 1 unit, yang diterima Kepala UPTD Pertanian Seputihmataram, Dwi Suseno.

Mustafa berharap semua bantuan dapat dimanfaatkan kelompok tani sebagaimana mestinya agar dapat mempermudah dan efisiensi biaya serta waktu saat panen padi. Di tengah perkembangan teknologi saat ini, petani juga harus berkembang dan melek teknologi.

"Pertanian menjadi sektor yang diprioritaskan Pemkab Lampung Tengah. Selama ini kita dikenal sebagai lumbung pangan. Tentunya hal ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Saya ingin hasil panen tahun ini maksimal, swasembada pangan tercapai dan petani kita sejahtera," ucapnya dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung.

Dia juga meminta dinas dan UPTD Pertanian bahu membahu membuat inovasi agar petani Lampung Tengah maju dan sejahtera. Satuan terkait harus terjun ke lapangan, meninjau dan menyerap aspirasi maupun permasalahan yang dihadapi petani.

"Tidak bisa dipungkiri, masalah yang dihadapi petani masih banyak. Mulai dari pupuk, air, hama, penyakit dan lainnya. Tentunya mereka butuh pendampingan dan solusi. Saya minta satker tidak tidur. Tapi terjun langsung, mendampingi petani menyelesaikan persoalan yang dihadapi petani," tegasnya.

Suseno, Kepala UPTD Pertanian kecamatan setempat menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas perhatian pemerintah di sektor pertanian. Dengan bantuan tersebut diharapkan semakin mendorong sektor pertanian di Seputihmataram lebih baik lagi.

Dia menjabarkan di Seputihmataram ada 5.138 hektare sawah terdiri atas sawah irigasi teknis dan sawah rawa.

"Kami memiliki 255 Kelompok tani dan 13 gapoktan. Adanya bantuan dari pemerintah, tentunya kami sangat berterima kasih. Mudah-mudahan bantuan ini bakal menunjang hasil panen tahun ini dan petani menjadi lebih sejahtera," kata dia. (Ant)