Lampung Siapkan Tiga Strategi Pengembangan Transportasi Pesisir

id sekda sutono dan fgd, pariwisata maritim, sekdaprov lampung, sutono

Lampung Siapkan Tiga Strategi Pengembangan Transportasi Pesisir

Sekprov Lampung Sutono(tengah)pada acara Focus Group Discusion (FGD) Sistem Transportasi, Energi, dan Infrastruktur dalam rangka mendukung pengembangan kawasan pesisir di Ruang Rapat Balitbang Provinsi Lampung, Rabu (29/3). (FOTO:ANTARA Lampung/ Huma

...Untuk meningkatkan perkembangan di wilayah pesisir, jangan hanya bertumpu pada pembangunannya saja, tetapi perlu memerhatikan sistem transportasinya juga, ujar Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menyiapkan tiga strategi pengembangan transportasi pesisir guna mendukung pengembangan kawasan tersebut.

"Ketiga strategi itu, yaitu pembangunan dan pengembangan sistem transportasi multi moda, sistem transportasi jalan serta sistem transportasi utama lainnya di luar angkutan jalan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Rabu (29/3).

Ia menyebutkan, dengan meningkatkan sistem transportasi, maka perkembangan wilayah pesisir akan mampu menuju ke arah maju.

"Untuk meningkatkan perkembangan di wilayah pesisir, jangan hanya bertumpu pada pembangunannya saja, tetapi perlu memerhatikan sistem transportasinya juga," ujarnya.

Menurutnya, kawasan pesisir merupakan suatu kawasan yang memiliki banyak potensi.

Wilayah pesisir memiliki keragaman potensi sumber daya alam yang cukup tinggi dan sangat penting serta potensi pariwisata, perikanan, pelabuhan dan potensi kawasan strategis nasional.

Kawasan tersebut lanjutnya, harus mampu dimanfaatkan dengan baik sehingga dengan strategi sistem transportasi tersebut mampu membawa dampak positif, terutama untuk kebutuhan sosial dan perkembangan perekonomian wilayah pesisir, terkhusus bagi Provinsi Lampung.

Rektor Institut Teknologi Sumatera Ofyar Z. Tamin menjelaskan Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera merupakan wilayah yang sangat strategis dan potensial untuk berkembang, apalagi saat ini sedang dilakukan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Karena itu, pihaknya berharap seluruh pemangku kepentingan terkait dapat menyeimbangkan potensi dan pembangunan Provinsi Lampung dengan meningkatkan sistem transportasinya, termasuk di wilayah pesisir.

Selain itu, menurutnya dengan meningkatkan sistem transportasi di wilayah pesisir, maka akan mengimbangi dari keberadaan tol di Lampung.

Keberadaan tol Lampung akan membawa dampak perubahan bagi daerah ini dan untuk mengimbanginya, maka wilayah pesisir harus mengimbangi dengan meningkatkan sistem transportasinya.

"Meningkatnya sistem transportasi maka kawasan pesisir akan mampu mengurangi masalah aksesbilitas sehingga mampu meningkatkan perekonomian wilayah tersebut," tambah Ofyar.(Ant)