Everton yakin kalahkan Liverpool

id Liga Inggris, Liverpool, Everton

Everton yakin kalahkan Liverpool

Penyerang Everton Romelu Lukaku (Getty/express.co.uk)

London (Antara/Reuters) - Everton akan mengincar kemenangan perdana atas Liverpool dalam rentang waktu hampir tujuh tahun pada Sabtu, dengan memahami bahwa jika mereka sukses melakukannya maka pengejaran terhadap finis empat besar mungkin akan menjadi sesuatu yang dapat dilakukan dengan serius.
        
Terbantu oleh gol-gol Romelu Lukaku, pasukan Ronald Koeman kini mendekati persaingan untuk memperebutkan tiket Liga Champions dan Liga Europa, dan kemenangan pada Sabtu pada sepak mula yang lebih awal di Anfield akan, setidaknya untuk sementara, mendongkrak mereka ke peringkat kelima.
        
Di sisi lain, kekalahan, akan membuat mereka terisolasi di peringkat ketujuh dan kesulitan untuk mengejar tim-tim di atas mereka.
        
Everton takluk 0-1 di Goodison Park pada awal musim ini, ketika gol menjelang pertandingan usai yang dibukukan Sadio Mane memastikan kubu Merseyside Merah tetap menjadi penguasa kota.
        
Liverpool memenangi pertandingan serupa dengan skor 4-0 pada musim lalu dan Everton harus memutar ulang memori sampai ke Oktober 2010 untuk kemenangan terakhir mereka atas sang rival abdi, saat menang 2-0 di Goodison.
        
Kemenangan terakhir mereka di Anfield terjadi pada pertarungan sengit pada 1999 ketika Kevin Campbell mencetak gol penentu kemenangan dan tiga pemain, termasuk kapten Liverpool Steven Gerrard, harus diusir keluar lapangan.
        
Sulit untuk mencari laju yang dapat menjadi inspirasi namun pasukan Koeman hanya kalah satu kali dari 12 pertandingan terakhirnya di Liga Inggris, berbanding dengan penampilan naik-turun Liverpool yang membuat mereka hanya mengantungi tiga kemenangan dari sepuluh pertandingan terakhirnya.
        
Kedua tim mendapat hantaman menjelang derby Merseyside yang ke-228 ini, di mana bek Everton Seamus Coleman mengalami patah kaki saat membela Irlandia melawan Wales pada kualifikasi Piala Dunia.
        
Liverpool juga tidak akan diperkuat Adam Lallana setelah ia mengalami cedera paha saat membela Inggris, dan manajer Juergen Klopp akan berkeringat dingin menanti kepulangan Roberto Firminho dan Philippe Coutinho yang memperkuat timnas Brazil.
        
Tim peringkat keempat Liverpool unggul enam angka atas Everton, setelah keduanya memainkan 29 pertandingan -- lebih banyak dua pertandingan daripada tim-tim yang memisahkan mereka Arsenal dan Manchester United.

 Antara/Reuters