Italia Menang 2-1 Atas Belanda

id itali kalahkan belanda

Italia Menang 2-1 Atas Belanda

Bek timnas Italia, Leonardo Bonucci merayakan golnya ke gawang Belanda pada laga persahabatan di Amsterdam Arena, Rabu (29/3) dini hari WIB. Italia menang 2-1. (AP Photo/Peter Dejong)

Amsterdam (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Italia bangkit dari kemasukan gol bunuh diri untuk menang 2-1 atas Belanda pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Selasa, sekaligus melengkapi hari-hari buruk bagi tuan rumah yang pada pekan lalu telah memecat pelatih Danny Blind.

Pemain Italia Alessio Romagnoli mendefleksi bola menuju gawangnya sendiri pada menit kesepuluh, namun Eder mampu menyamakan kedudukan dalam rentang waktu 60 detik dan bek tengah Leonardo Bonucci menyambar bola tendangan sudut pada menit ke-32 untuk memastikan kemenangan timnya di Amsterdam Arena.

Kekalahan bagi Belanda terjadi setelah periode buruk di mana harapan-harapan mereka untuk melaju ke Piala Dunia mendapat hantaman keras akibat kekalahan 0-2 di Bulgaria pada Sabtu, di mana setelah itu Blind mengalami pemecatan.

Di bawah asuhan pelatih sementara Fred Grim, Belanda memulai pertandingan Selasa dengan cukup baik dan kerja sama antara Davy Klaassen dan Quincy Promes di dalam kotak penalti Italia membuat bola mengenai kaki Romagnoli dan masuk ke gawang untuk membawa tuan rumah memimpin.

Namun Italia mampu menyamakan kedudukan dalam tempo semenit ketika tendangan bebas gagal disapu dengan sempurna oleh Wesley Hoedt, sehingga bola tertuju lurus ke Eder, yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Ini merupakan replika gol kedua yang masuk ke gawang Belanda di Sofia pada Sabtu.

Bek Belanda Bruno Martins menanduk bola yang membentur mistar gawang dari tendangan sudut Memphis Depay pada menit ke-27, namun lima menit kemudian Italia berbalik unggul ketika upaya Romagnoli dari tendangan sudut memaksa kiper Jeroen Ziet menepis bola, namun Bonucci segera menyambar bola untuk masuk ke bagian atas gawang.

Kesalahan yang dilakukan Bonucci pada awal babak kedua memberi peluang kepada Promes, namun upayanya dapat digagalkan kiper muda Italia Gianluigi Donnarumma.

Pencetak gol terbanyak Liga Italia asal Torino Andre Belotti masuk sebagai pemain pengganti untuk memaksa Zoet melakukan sejumlah penyelamatan bagus Zoet juga mampu menggagalkan peluang pemain debutan Leonardo Spinazolla pada sepuluh menit terakhir.

Pemain veteran Wesley Sneijder tampil sebentar menjelang pertandingan usai, namun meski ia melepaskan dua tembakan pada fase akhir laga keduanya dapat digagalkan oleh Donnarumma, yang menandai penampilan perdananya sebagai kiper inti di timnas.  (Ant)