Warga Bandarlampung Antusias Saksikan Pertunjukan Ogoh-ogoh

id wali kota buka ogoh-ogoh, herman hn, festival ogoh=ogoh, tugu adipura

Warga Bandarlampung Antusias Saksikan Pertunjukan Ogoh-ogoh

Walikota Bandar Lampung Herman HN membuka festival dan Pawai Ogoh-Ogoh Dalam Rangka Hari Raya Nyepi, di Tugu Adipura oleh PHDI Kota Bandarlampung, Lampung, Senin (27/3). (FOTO: ANTARA Lampung/Ardiansyah)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Warga Kota Bandarlampung antusias menyaksikan pertunjukan ogoh-ogoh, dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun Baru Caka 1939 yang digelar oleh Parisadha Hindu Darma Indonesia.

Berdasarkan pantaun di Tugu Adipura, Kota Bandarlampung, Senin, (27/3) masyarakat Kota Tapis Berseri telah memadati lokasi pelaksanaan pertunjukan sejak pukul 12.20 WIB.

Sejumlah warga berharap, kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan terlebih sudah sering dilakukan tiap tahunnya.

"Pertunjukan seperti ini harus sering dilakukan karena hal seperti ini jarang sekali terlihat di Kota Bandarlampung," kata Shinta (23).

Ia mengatakan, pertunjukan seperti ini biasanya hanya ada di Bali atau daerah yang banyak warga duki Bali. Tetapi ini di Kota Bandarlampung dan harus dilestariakan.

Warga lainnya Ahmad (32) mengatakan kegiatan ini harus terus dilestarikan apalagi ini bentuk dari memperkenalkan salah satu budaya di Indonesia.

"Harus terus dilestarikan, sehingga anak-anak dapat mengetahui bahwa ini merupakan budaya asli dari Bali," katanya.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Bandarlampung I Putu Suarta Ardyana mengatakan bahwa pawai ini telah berjalan selama delapan kali dan animo masyarakat selalu antusias.

"Animo masyarakat selalu antusias dan acara ini akan terus dilaksanakan," kata dia

Dia mengatakan, bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun Baru Caka 1939 dan sebanyak tujuh ogoh-ogoh yang mewakili sosok angkara murka atau kejahatan beraksi.

Pada tahun ini ada yang berbeda yakni penampilan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Bandarlampung ikut meramaikan.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan kegiatan ini akan terus diadakan setiap tahunnya apalagi ini kerja sama pemkot dan PHDI Bandarlampung, dalah hal peningkatakn pariwisata..

"Tahun ini Pemkot Bandarlampung tidak bisa membantu banyak karena sebagian anggaran telah dicoret, tapi bagus masih bisa berlangsung," kata dia.

Ia mengatakan, kegiatan ini akan terus dilestarikan sebab ini untuk mempertahankan budaya dan juga meningkatkan pariwisata Kota Bandarlampung. (Ant)