Swadaya Warga Dukung Pelindung Jaya Ikuti Lomba

id foto bersama perangkat desa

Swadaya Warga Dukung Pelindung Jaya Ikuti Lomba

Foto Bersama Perangkat Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur. (Istimewa)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Partisipasi warga berupa sumbangan bagi Desa Pelindung Jaya, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur, agar siap berlomba pada lomba desa berprestasi 2017 yang dijadwalkan digelar April 2017.

Wahab bergelar Raden Dapek Mangku Desa, Kepala Desa Pelindung Jaya dalam keterangan, di Lampung Timur, Senin mengatakan desanya ikut berkompetisi pada ajang lomba desa berprestasi 2017 Kabupaten Lampung Timur mewakili Kecamatan Gunung Pelindung.

Dia menjelaskan bahwa warga desanya telah mempersiapkan diri sejak Oktober 2016 lalu, dimulai dari pembenahan administrasi sampai dengan pembenahan infrastruktur.

Menurut dia, antusiasme dan peran serta masyarakat sangat besar, termasuk dalam lomba desa tahun ini, dibuktikan dengan sumbangan dana secara swadaya dari masyarakat desanya.

"Dana swadaya masyarakat mencapai tidak kurang dari Rp500 juta, dengan rincian per kepala keluarga mengeluarkan Rp350 ribu dikalikan jumlah kepala keluarga 1.548 KK. Dana tersebut diperuntukkan membuat kotak sampah permanen, patok mini beton, pagar bambu, rak tanaman, tabulapot, toga dan surga, serta ember kran untuk program CTPS," katanya pula.

Dia mengatakan masyarakat setempat berharap dengan berbagai upaya itu, Desa Pelindung Jaya bisa meraih juara pertama, dan berkeinginan mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Lampung mewakili Kabupaten Lampung Timur.

"Bila terwujud lomba desa ini, masyarakat berharap dapat menghapuskan kesan negatif terhadap Desa Pelindung Jaya khususnya Kecamatan Gunung Pelindung yang terkenal sebagai daerah rawan begal," kata Kades Wahab.

Sumadi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Pelindung Jaya menyatakan bahwa semua perangkat desa, lembaga desa serta masyarakat desa setempat mendukung penuh lomba desa tersebut.

"Alhamdulillah semua mendukung, masyarakat membuat gapura di setiap gang desa, bahkan Desa Pelindung jaya tahun 2017 ini telah bebas WC cemplung, selain itu kami juga bersama pihak terkait telah membuat teknologi pembakaran sampah tanpa asap Insya Allah dalam lomba nanti bisa dipamerkan," ujarnya.

Selain itu, dia menjelaskan, untuk menambah kemeriahan lomba desa itu, akan digelar tari massal Melinting Seghibuw dengan peserta 1.000 orang penari melinting.

"Insyaallah ibu Bupati Lampung Timjr juga akan ikut menari bersama warga desa kami," katanya lagi. (Ant)