Bupati Waykanan Minta Perusahaan Terima Sarjana Warga Setempat

id bupati waykanan, raden adipati surya, hama wereng, serangan wereng, asn

Bupati Waykanan Minta Perusahaan Terima Sarjana Warga Setempat

Bupati Waykanan, lampung, Raden Adipati Surya (Foto: Humas Pemkab Waykanan)

Perusahaan diharapkan bisa menerima dan memprioritaskan masyarakat yang berdekatan dengan tempat perusahaan berdiri dibandingkan daerah lain yang jauh dari jangkauan perusahaan.
Waykanan,  (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya akan mengundang pimpinan perusahaan yang ada di daerahnya guna meminta untuk menerima warga setempat yang sudah sarjana sebagai tenaga kerja.

Apalagi, lanjut dia, di Waykanan, Minggu, daerah tersebut akan menjadi salah satu yang dibangun kawasan industri oleh Pemprov Lampung sehingga akan membawa dampak signifikan bagi warga setempat dan perusahaan.

"Ini menjadi berkah bagi masyarakat Waykanan. Karena pembangunan kawasan industri ini akan dibangun pada 2018, dan setiap perusahaan yang berdiri di kabupaten akan saya minta untuk menerima mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang ada di Lampung khususnya yang memiliki domisili di masing-masing kecamatan," kata dia.

Menurutnya, dengan pembangunan kawasan industri di Lampung Khususnya di Kabupaten Waykanan dapat mengurangi pengangguran yang ada, karena setiap tahunnya hampir ratusan mahasiswa yang berkuliah di Bandarlampung atau di daerah lainnya. Mereka yang sudah sarjana belum mendapatkan pekerjaan, akan pulang ke kampung halaman. Dengan adanya lowongan pekerjaan dari para pelaku industri ini bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Waykanan.

"Perusahaan diharapkan bisa menerima dan memprioritaskan masyarakat yang berdekatan dengan tempat perusahaan berdiri dibandingkan daerah lain yang jauh dari jangkauan perusahaan. Tetapi disesuaikan dengan lulusan yang dibutuhkan seperti perusahaan perkebunan harus bisa memprioritasnya sarjana perkebunan atau pertanian," kata dia.

Namun, ia pun mengharapkan para sarjana ini harusnya bisa membuka lapangan pekerjaan seperti dengan cara membuat kegiatan usaha UMK, yang membutuhkan pekerja dan pengrajin yang banyak.

"Ya semuanya bisa bekerja, tetapi yang paling utama adalah bisa mencetak lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Waykanan," kata dia.

Adipati juga mengharapkan kepada mahasiswa yang sedang menimba ilmu bisa lebih kreatif dan memajukan daerah dengan promosi-promosi melalui media sosial atau lainnya. Bahwa Waykanan tidak buruk, sebaliknya banyak yang bagus dan indah di masing-masing kecamatan. *