Ikatan Alumni Polinela Tanam Pohon Penghijauan

id gerakan tanam pohon polinela

Ikatan Alumni Polinela Tanam Pohon Penghijauan

Ika Polinela, Mitra Bentala, BBWS Mesuji melakukan aksi gerakan penghijauan di kawasan Batuputu yang menjadidaerah tangkapan air (catchment area) khususnya di Kota BandarLampung. (istimewa)

...Kami ingin gerakan ini tidak hanya sekadar seremonial semata tapi terus dilakukan secara kontinu, karena semakin lestari hutan maka keberlangsungan makhluk hidup akan tetap terjaga...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ikatan Keluarga Alumni Politeknik Negeri Lampung (IKA Polinela) melakukan gerakan penanaman pohon sebagai upaya aksi penghijauan di daerah tangkapan air kawasan Batuputu, Kota Bandarlampung, Sabtu (25/3).

Aksi penanaman itu juga bekerja sama dengan Balai Besar Way Seputih (BBWS) Mesuji, BPLH, LSM Mitra Bentala, Poltapala dan Pramuka, dengan jenis tanaman mahoni, gaharu, kayu manis, cempaka, dan jeruk nipis.

Ketua IKA Polinela yang juga Ketua Bandiklat DPW Partai NasDem Lampung Guswarman mengatakan gerakan penghijauan ini menjadi amat penting di tengah semakin kritis daerah tangkapan air khususnya di Kota Bandarlampung. Padahal, di sisi lain pertumbuhan masyarakat dan kebutuhan air juga semakin tinggi.

"Kita ingin terus melakukan penghijauan untuk menggerakkan juga masyarakat untuk peduli akan pentingnya penghijauan, karena manfaatnya tidak hanya untuk menjaga daerah tangkapan air, tapi juga bisa menjadi kawasan destinasi," ujar Guswarman yang juga mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung itu lagi..

Selain melakukan aksi penghijauan, IKA Polinela juga menggelar sarasehan gerakan penghijauan yang melibatkan seluruh pihak yang peduli akan penghijauan.

"Kami ingin gerakan ini tidak hanya sekadar seremonial semata tapi terus dilakukan secara kontinu, karena semakin lestari hutan maka keberlangsungan makhluk hidup akan tetap terjaga," ujarnya pula.

Dalam beberapa hari ini, sejumlah elemen masyarakat dan berbagai kalangan di Provinsi Lampung memperingati Hari Air Sedunia dengan melaksanakan sejumlah kegiatan penghijauan, kampanye hemat air, pembuatan lubang biopori, bersih-bersih lingkungan dan kegiatan pelestarian alam dan lingkungan hidup lainnya. (Ant)