Kualifikasi PD 2018 : Posisi Belanda makin gawat

id kualifikasi PD 2018, Belanda

Kualifikasi PD 2018 : Posisi Belanda makin gawat

Posisi Belanda makin rawan (c) AFP)

Sofia (Antara/Reuters) - Bulgaria bertahan di jalur untuk mencapai putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1998, setelah Sas Delev membawa mereka menang 2-0 atas Belanda yang tidak bergigi pada pertandingan kualifikasi Grup A pada Sabtu, melalui gol-gol internasional pertamanya.


Setelah kemenangan di Stadion Vasil Levski, pasukan Petar Hubcheva naik ke peringkat ketiga di klasemen grup dengan sembilan angka dari lima pertandingan, tertinggal satu angka dari Swedia dan tertinggal empat angka dari pemuncak klasemen Prancis. Belanda berada di urutan keempat dengan tujuh angka.


Delev mengemas dua gol dalam dua kesempatan beruntun pada 20 menit pertama, memaksimalkan pertahanan buruk dari Matthijs De Ligt (17), yang menjadi pemain termuda Belanda sejak 1931.


De Ligt, yang hanya dua kali tampil sebagai pemain inti di liga untuk klubnya Ajax Amsterdam, tidak dapat mencatatkan debut internasional yang lebih buruk lagi ketika ia keliru mengantisipasi bola panjang Slavcheva, sehingga Delev dapat menyambar bola melewati kiper Jeroen Zoet pada menit kelima.


Delev kemudian menghukum kesalahan lain yang dilakukan De Ligt dengan tembakan keras dari jarak 18 meter. Ia tidak memberi kesempatan kepada Zoet setelah sapuan De Ligt berakhir di kepala Georgi Kostadinov, yang menjadi pemberi umpan.


Penyerang Belanda Bas Dost nyaris memperkecil defisit dua menit sebelum turun minum, namun tembakan jarak dekatnya melebar.


Tim tamu banyak menguasai bola pada babak kedua ketika Wesley Sneijder dan Wesley Hoedt -- pemain debutan lainnya -- masuk sebagai pemain pengganti, namun mereka gagal mengonversinya menjadi gol meski Davy Claasen nyaris mencetak gol.


Bulgaria, yang kehilangan kiper Vladislav Stoyanov, dan dua gelandang Svestov Dyakov dan Georgi Milanov karena cedera, memperlihatkan permainan bagus lain di bawah Hubchev, membuat Belanda masih harus meneruskan pencarian untuk kemenangan perdana di tanah Bulgaria.


Bulgaria akan mengunjungi Belarus pada 9 Juni pada pertandingan mereka selanjutnya di grup, sedangkan Belanda akan menjamu tim juru kunci Luxemburg.