Lampung gelar Kemah Konservasi

id Hutan, konservasi

Lampung gelar Kemah Konservasi

Areal lereng bukit di salah satu kawasan lindung Kabupaten Lampung Barat yang rusak (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Provinsi Lampung akan menggelar Kemah Konservasi 2017 di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, 1 hingga 2 April.
         
"Kemah Konservasi dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan Ke-34 dan Hari Hutan Internasional Tahun 2017," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Timbul Batubara di Bandarlampung, Sabtu.
         
Kemah Konservasi mengangkat tema "Aksi Kemah Konservasi untuk Penyadaran Masyarakat terhadap Hutan dan Konservasi" itu akan diikuti oleh 300 peserta peserta yang terdiri atas 90 kader konservasi dan 210 anggota Pramuka dari berbagai gugus (Saka Wanabakti, Saka Kalpataru, Saka Husada, Saka Bahari, dan lain-lain).
         
Para peserta Kemah Konservasi, lanjut dia, pada hari kedua pelaksanaan, 2 April 2017, akan dikukuhkan sebagai kader konservasi binaan Balai Besar TNBBS.
         
Timbul mengatakan bahwa Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan menghadiri kegiatan tersebut.
         
Bersamaan dengan pelaksanaan Kemah Konservasi, direncanakan Siti Nurbaya akan memberikan empat izin pemanfaatan air/energi, dua izin usaha penyediaan jasa wisata alam, pengakuan kelompok tani pemanfaat HHBK Damar Mata Kucing.
         
Selain itu, launching Project 'Transforming Effectiveness of Biodiversity Conservation in Priority Sumatran Landscape' di lanskap TNBBS.
         
"Sebagai wujud konkret upaya konservasi, akan dilaksanakan kegiatan pelepasliaran satwa liar dan penanaman pohon endemik sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam Kemah Konservasi Lampung 2017," ujarnya.
         
Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung, Balai Besar TNBBS, GEF, Tiger Project UNDP, dan mitra kerja strategis Balai Besar TNBBS.
         
Pihaknya juga telah melakukan rapat finalisasi pembahasan persiapan kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta memaparkan persiapan yang telah dilakukan pada peserta rapat supaya kegiatan berlangsung lancar.

ANTARA