BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

id ilustrasi hujan, bmkg, anin kencang, petir, ilustrasi hujan lebat

BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi hujan (ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan kewaspadaan hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan dapat terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Lampung pada Jumat hingga Sabtu (25/3).

BMKG melalui petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II, di Branti, Lampung, Jumat, menyebutkan kewaspadaan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang itu diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Bandarlampung, Kabupaten Mesuji, Lampung Selatan, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, dan Lampung Timur pada sore dan malam hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem) dan media sosial, kata petugas tersebut.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 24 Maret 2017 pukul 07.00 WIB hingga 25 Maret 2017 pukul 07.00 WIB, menunjukkan angin secara umum bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan antara 5-20 knot (9-37 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-31 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 65-98 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) kelembapan udara berkisar antara 72-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pada pagi hari sebagian besar berawan, potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Tulangbawang, Mesuji, dan Lampung Timur.

Siang hari berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Kabupaten Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Mesuji.

Sore hari berpotensi hujan ringan-sedang di Kabupaten Tanggamus, Pringsewu, Kota Bandarlampung, Pesawaran, Lampung Barat, Tulangbawang, Mesuji, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Malam hari berpotensi hujan ringan-sedang di sebagian besar wilayah Lampung, dan hujan sedang-lebat berpotensi terjadi di Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Tanggamus, Pesawaran, dan Pringsewu.  (Ant)