Wakapolda Lampung: Ronda Efektif Tekan Kriminalitas

id wakapolda dibonceng mustafa, ronda keliling kampung, kabupaten lampung tengah

Wakapolda Lampung: Ronda Efektif Tekan Kriminalitas

Wakapolda Lampung Brigjen Pol Bonifasius Tampoi dibonceng oleh Bupati Lampung Tengah Mustafa saat ronda keliling di kampung Bandar Sakti, Tanjung Anom dan Bandar Agung Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu malam (18/3) (Foto:Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Saya harap program ronda dapat diimplementasikan di kabupaten/kota lainnya di Lampung, kata Wakapolda...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakapolda Lampung Brigjen Bonifasius Tampoi menilai ronda yang digagas Bupati Lampung Tengah Mustafa efektif menekan angka kriminalitas di daerah tersebut sehingga menyarankan untuk diadopsi kabupaten atau kota lain.

"Ronda ini efektif menekan angka kriminalitas sehingga diharapkan dapat diadopsi oleh kabupaten atau kota lain di Lampung, khususnya di zona merah," kata dia dalam keterangan pers Humas Pemkab Lampung Tengah diterima di Bandarlampung, Minggu.

Wakapolda Lampung itu pada Sabtu (18/3) malam ikut berkeliling kampung satu sepeda motor jenis trail dengan Mustafa menuju satu pos ronda ke pos ronda lain. Sekitar 20 pos ronda disambangi di kampung Bandarsakti, Tanjunganom, dan Bandaragung.

Brigjen Bonifasius mengapresiasi ronda di Lampung Tengah. Selain masyarakatnya sangat aktif, pemimpinnya juga terjun langsung memantau aktivitas ronda warganya.

"Saya harap program ronda dapat diimplementasikan di kabupaten/kota lainnya di Lampung. Ronda terbukti efektif menekan kriminalitas dan meminimalisasi konflik sosial. Teruskan, agar Lampung Tengah zero kriminalitas," ujarnya.

Sebelumnya Kapolda Lampung Brigjen Pol Sudjarno juga menyatakan siap menjadikan ronda sebagai program Polda Lampung pada 2017.

Ronda, kata dia, merupakan langkah preventif dalam menekan angka kejahatan di Lampung. Hal ini telah dibuktikan di Lampung Tengah, di mana program ronda berhasil menekan angka kejahatan secara signifikan.

"Ronda akan kami angkat sebagai program Polda Lampung pada 2017. Ronda akan menjadi resolusi kami. Konsepnya segera kami susun. Seperti apa formulanya akan kami pelajari dari apa yang sudah diterapkan di Lampung Tengah," kata Kapolda.

Sementara itu Bupati Mustafa menuturkan program ronda dan Lampung Tengah terang sudah diaplikasikan masyarakat hingga ke pelosok di Lampung Tengah.

Dia berjanji kampung yang paling aman dan paling terang akan diberikan reward.

"Saya akan apresiasi kesungguhan dan keseriusan kepala kampung atau camat yang telah berjuang mewujudkan keamanan wilayahnya. Begitu juga lampu-lampu jalan, saya akan turun langsung mengeceknya. Kampung yang gelap akan saya evaluasi," katanya.

Dalam kunjungan di Kecamatan Terusannunyai, Mustafa meninjau puskesmas rawat inap Bandaragung dan pengelolaan gula industri rumahan di kampung setempat.

Sidak puskesmas dilakukan untuk memastikan pelayanan dan fasilitas puskesmas setempat.

Ia meminta tenaga medis, mulai dari dokter, perawat dan bidan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Kepuasan pasien adalah segalanya. Saya minta semua tenaga medis bekerja maksimal dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Bangun mental melayani, bukan dilayani," tegasnya.

Sementara terkait pengelolaan gula industri rumahan, Mustafa menyatakan siap mengembangkan UMKM dan industri kecil atau rumahan di Lampung Tengah. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian dan kemandirian masyarakat.  (Ant)