Lampung Tengah Kembangkan Industri Kecil

id bupati mustafa dan perajin sepatu, bupati lampung tengah, mustafa

Lampung Tengah Kembangkan Industri Kecil

Bupati Lampung Tengah Mustafa saat mengunjungi pengrajin sepatu kulit di Kampung Rejobasuki Seputihraman disela-sela ronda malam (foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Jika potensi tersebut dapat dikelola secara maksimal maka Lampung Tengah bisa menjadi kabupaten yang maju dan berdaya saing, kata Mustafa...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah akan mengembangkan dan terus menumbuhkan industri kecil dan UKM di kampung-kampung guna menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran.

Bupati Lampung Tengah Mustafa, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat, mengatakan daerah tersebut memiliki banyak potensi terpendam dan harus dikembangkan.

"Jika potensi tersebut dapat dikelola secara maksimal maka Lampung Tengah bisa menjadi kabupaten yang maju dan berdaya saing," kata dia.

Mustafa menjelaskan dalam kunjungannya ke kampung-kampung memantau aktivitas ronda, di Kecamatan Seputihraman, sempat mengunjungi kerajinan sepatu kulit di Kampung Rejobasuki Seputihraman.

Sari, pemilik kerajinan sepatu kulit itu menjelaskan, sepatu miliknya merupakan produk kerajinan tangan dengan kualitas ekspor. Sudah ada 20 tenaga kerja yang terserap membantu proses produksi.

"Semuanya adalah warga sekitar. Mereka kami training, belajar bagaimana membuat sepatu. Ketika mereka sudah ahli kami percayakan produksi kepada mereka. Dalam sehari kami bisa memproduksi 10 hingga 20 pasang sepatu dengan harga kisaran Rp500.000 hingga Rp1 juta per pasang," jelasnya.

Beroperasi sejak setahun yang lalu, Sari mengakui usaha yang dijalankannya ini masih dalam rintisan. Tapi ia optimistis usahanya tersebut dapat berkembang luas di Lampung. Selain terbuat dari kulit asli, kualitas sepatu buatannya juga dijamin awet. Tak hanya sepatu, ia juga memproduksi tas, jaket dan kerajinan lainnya terbuat dari kulit.

"Saya apresiasi sekali karena Pak Mustafa mau berkunjung langsung meninjau kerajinan kami, mudah-mudahan ada program dari Pemkab untuk mendorong pembangunan industri-industri kecil yang ada di Lampung Tengah. Jika industri kecil berkembang maka tenaga kerja yang terserap juga semakin banyak," katanya.  (Ant)