Pemkot Bandarlampung Tanam Bibit Pohon di Unila

id wali kota tanam pohon duren, wali kota bandarlampung, herman hn

Pemkot Bandarlampung Tanam Bibit Pohon di Unila

Wali Kota Bandarlampung Herman HN menanam pohon durian di Kampus Universitas Lampung (Unila) Jumat, (17/3). (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Sebagai langkah menambah ruang terbuka hijau kita memberikan bibit pohon duren, untuk ditanam di Unila, kata Wali Kota...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melakukan penanaman ratusan bibit pohon di Universitas Lampung (Unila) sebagai upaya menambah ruang terbuka hijau di wilayah tersebut.

"Sebagai langkah menambah ruang terbuka hijau kita memberikan bibit pohon durian, untuk ditanam di Unila," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengatakan, yang dilakukan ini merupakan program penghijauan, agar wilayah Bandarlampung lebih sejuk.

Pemkot Bandarlampung memberikan 200 bibit pohon, dan juga melepas 600 ekor burung untuk di Unila.

"Unila harus benar-benar menjadi kawasan hijau, sekaligus ruang terbuka hijau bagi Kota Bandarlampung," kata dia.

Dia mengatakan, ini juga untuk membuat Kota Bandarlampung lebih terlihat asri dengan penghijauan yang telah dilakukan.

Pihaknya pun telah memerintahkan camat dan lurah untuk segera melakukan penanaman di pinggir jalan, agar wilayah resapan air bisa lebih banyak dan jalan protokol bisa lebih sejuk.

"Pohon merupakan paru-paru bagi kehidupan manusia, karena itu kita harus menjaganya dan melakukan penanaman pohon," kata dia.

Dia menegaskan, tepi jalan protokol pun akan banyak ditanami pohon, agar udara yang dihasilkan baik dan juga membuat suasana lebih rindang.

"Saya juga berharap setelah menanam harus juga difokuskan pada pemeliharaan, supaya apa yang ditanam bisa hidup subur dan bermanfaat," kata dia.

Pemeliharaan pohon selanjutnya akan menjadi beban dan tanggung jawab bersama, baik masyarakat Kota Bandarlampung maupun satuan kerja dengan secara rutin melakukan pemeliharaan, pengawasan serta perawatan.

Sementara itu, Rektor Unila Prof Dr Ir Hasriadi Mat Akin MP mengatakan pohon ini sangat penting dengan pesatnya pembangunan Kota Bandarlampung, sehingga perlu adanya penambahan ruang terbuka hijau.

"Pohon yang diberikan ini sangat bermanfaat tentunya di tengah pembangunan yang makin pesat," kata dia.

Ia mengharapkan, lingkungan sejuk serta udara segar dapat lebih cepat tercipta dan bertahan di Kota Bandarlampung.

Terlebih penghijauan juga bertujuan untuk melakukan penyerapan air ketika hujan.   (Ant)