Jenazah Hasyim Muzadi Dimakamkan Secara Militer

id hasyim dan upacara militer, hasyim muzadi

Jenazah Hasyim Muzadi Dimakamkan Secara Militer

Sejumlah anggota TNI melakukan upacara militer saat pelepasan jenazah KH Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Al Hikam, Cenggerayam, Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3). (Antara Jatim/Ari Bowo Sucipto/zk/17.?)

Depok (ANTARA Lampung) - Jenazah tokoh Islam Indonesia KH Hasyim Muzadi yang wafat Kamis pukul 06.15 WIB dimakamkan dengan upacara cara militer dengan melibatkan pasukan TNI-Polri lengkap bersenjata dan terompet.

Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla bertugas sebagai inspektur upacara pemakaman mantan Ketua Umum PBNU yang juga Watimpres itu.

Jenazah KH Hasyim Muzadi datang ke Pondok Pesantren Al-Hikam di Kukusan Beji, Depok, Jabar pukul 16.15 WIB dengan ambulans yang dikawal oleh anggota TNI-Polri, pengawalan ormas Islam, serta para santri Ponpes Al-Hikam.

Jenazah dibawa ke rumah duka beberapa saat dan langsung dibawa ke Masjid Al-Hikam untuk dishalatkan. Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, para tokoh Islam, hingga pimpinan partai politik turut mengiringi jenazah mulai di rumah duka, menshalatkan jenazah, dan prosesi pemakaman.

Warga dari daerah setempat hingga rombongan dari luar daerah menyemut di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam untuk menshalatkan jenazah dan mengikuti prosesi pemakaman.

Jamaah shalat jenazah pun membeludak tidak hanya di dalam masjid, tetapi sampai menggunakan tangga masjid hingga lapangan yang dipakai untuk parkir bus. Shalat jenazah dilaksanakan pukul 16.35 WIB. Sementara proses penurunan jenazah ke liang kubur pukul 17.05 WIB. (Ant)