Pemkot Bandarlampung Minta UMKM Tingkatkan Daya Saing

id wali kota herman hn dan umkm, wali kota bandarlampung, herman hn

Pemkot Bandarlampung Minta UMKM Tingkatkan Daya Saing

Wali Kota Bandarlampung saat memberikan sambutan pada acara Diklat Teknis Perdagangang Untuk Usaha Ritel di Kota Bandarlampung, Selasa (14/3) (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Pelaku usaha harus meningkatkan daya saingnya, sebab perkembangan bisnis UMKM saat ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Kota Bandarlampung, kata Wali Kota...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkatkan daya saing, agar perekonomian di wilayah ini dapat meningkat.

"Pelaku usaha harus meningkatkan daya saingnya, sebab perkembangan bisnis UMKM saat ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Kota Bandarlampung," kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, pemerintah pun mendukung perkembangan usaha UMKM dengan memberikan kemudahan pinjaman bank bagi pengusaha ritel khususnya yang kekurangan modal.

Terkadang, lanjut dia, pengusaha yang baru saja merintis kerap sulit untuk mengembangkan usahanya karena terkendala modal, namun pemerintah saat ini telah meminta bank agar memberi kemudahan dengan bunga sembilan persen.

"Dengan bunga sembilan persen para pengusaha dapat mengembangkan usahanya, pemberian kemudahan ini tentunya bisa lebih mudah didapatkan di bank daerah khususnya milik Pemkot Bandarlampung," kata dia.

Ia melanjutkan bahwa dengan adanya penambahan modal para pengusaha UMKM ini bisa menembus ke pasar yang lebih luas jika kerajinan tangan atau makanan bisa masuk ke toko, swalayan dan minimarket.

Pada saat ini UMKM sangat penting keberadaanya dalam meningkatan derajat ekonomi masyarakat kecil melalui berbagai usaha yang dijalankan masyarakat seperti kerajinan, produk makanan dan minuman tradisional karena sektor ini dirasakan dapat menopang pelaku usaha bahkan dalam keadaan sulit seperti saat terjadinya krisis moneter beberapa tahun silam.

"Dengan tembusnya produk UMKM ke pasar yang lebih luas bisa terus meningkatkan produk yang lebih beragam. Kita ingin hasil usaha kecil menengah dipasarkan di ritel ini," kata wali kota itu.

Menurutnya, jika usaha seperti itu bisa maju tentunya dapat membuka peluang kerja.

"Kalau usaha kecil menengah kita lebih maju lagi berarti nambah karyawan, nambah karyawan mengurangi pengangguran," kata dia. (ANT)