Ratusan Siswa SMKN 5 Bandarlampung Pamerkan Karya

id Siswa SMKN 5 Bandarlampung Pamerkan Karya, Pameran Karya Siswa SMKN 5 Bandarlampung, SMKN 5 Bandarlampung

Ratusan Siswa SMKN 5 Bandarlampung Pamerkan Karya

Karya tugas akhir siswa SMKN 5 Bandarlampung yang dipamerkan di sekolahnya mulai Selasa (14/3). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ratusan karya siswa dipamerkan dalam Gelar Karya Tugas Akhir 2017 di Ruang Pamer Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Bandarlampung, Jalan Titrayasa, Sukabumi.

Ketua Pameran Rudolf Pane, di Bandarlampung, Selasa, menjelaskan pameran yang berlangsung dari 14 hingga 16 Maret 2017 ini, merupakan pameran tugas akhir yang diikuti seluruh siswa kelas XII dari Jurusan Desain Produk Kriya Kayu, Desain Produk Kriya Tekstil, Desain Produk Kriya Logam, Multimedia, Animasi dan Otomotif.

Rudolf memerinci untuk Jurusan Desain Produk Kriya Kayu menampilkan 150 karya dari 64  siswa, berupa lemari pakaian, lemari hias, tempat tidur, meja kursi tamu, meja kursi makan, meja teras, meja rias, meja lipat taman, bufet, kapstok, hiasan dinding, aneka suvenir, dan semuanya menggunakan kayu jati dan dihias ukiran khas motif Lampung.

Sedangkan untuk Jurusan Desain Produk Kriya Tekstil menampilkan 300 karya dari 112 siswa, berupa selendang batik, hiasan dinding batik dan tapis, tas rajut, baju batik, dan baju sulam usus.

Kemudian, Jurusan Desain Produk Kriya Logam menampilkan 100 karya 60 siswa, berupa meja, kursi taman, rak bunga, hiasan dinding, dari bahan besi dan pelat kuningan, drum bekas, dan meja rias,

Lalu, dari Jurusan Multimedia 62 siswa menampilkan 100 karya, berupa film pendek, CD pembelajaran interaktif,  fotoboot, karya desain grafis,dan  poster film.

Pada Jurusan Animasi 26 siswa menampilkan 60 Karya, berupa film animasi pendek, iklan layanan masyarakat animasi, poster animasi, lukisan karakter tokoh, dan animasi.

Tak kertinggalan Jurusan Otomotif, sebanyak 100 siswa menampilkan karya rangkaian kelistrikan kendaraan, engine stand, peragaan servis berkala dan sepeda motor hasil rakitan dari onderdil bekas.

Ch Sapto Wibowo, salah satu guru pembimbing Pameran Tugas Akhir ini menambahkan, selama pameran berlangsung juga digelar pentas seni dan juga lomba antarsekolah.

Plt Kepala SMKN 5 Bandarlampung Drs Irman mengatakan, pameran ini merupakan wujud pertangggungjawaban siswa dan sekolah kepada masyarakat atas hasil tercapai kompetensi keahlian yang telah dipelajari siswa selama tiga tahun menempuh pendidikan di sekolah.

"Dengan melihat hasil karya siswa ini, diharapkan masyarakat dapat memberikan kritikan dan saran guna peningkatan kualitas tamatan SMKN 5 Bandarlampung untuk peningkatan kualitas di kemudian hari," ujar Irman

Kadis Pendidikan Provinsi Lampung Drs Sulpakar berharap siswa lulusan SMKN 5 Bandarlampung siap kerja menyumbangkan keahlian dalam bidang seni kerajinan dan teknik.

Dia berharap siswa bisa berperan aktif meningkatkan kualitas dan kemampuannya, sehingga bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Lulusan SMKN 5 Bandarlampung nantinya mampu bersaing menjadi tenaga handal yang siap pakai dan menjadi aset SDM penting dalam pembangunan bidang seni dan teknik," kata Sulpakar pula.