Pemprov Lampung Susun Rencana Kerja 2018

id Asisten Bidang Administrasi Umum, Setprov Lampung, Hamartoni Ahadis, asbid umum

Pemprov Lampung Susun Rencana Kerja 2018

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung Hamartono Ahadist (FOTO: ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Kegiatan itu merupakan penjabaran tahun keempat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung tahun 2015-2019, kata Hamartoni...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung tengah menyusun rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung untuk tahun 2018.

"Kegiatan itu merupakan penjabaran tahun keempat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung tahun 2015-2019," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setporv Lampung Hamartoni Ahadis, di Bandarlampung, Jumat (10/3)

Ia mengatakan bahwa proses penyusunan perencanaan pembangunan mencakup lima pendekatan dalam seluruh rangkaian perencanaan, yakni pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, top-down dan bottom-up.

"Meskipun dilaksanakan secara terbatas, forum konsultasi publik yang telah dilaksanakan memiliki peran yang sangat penting dan strategis serta menjadi bagian dari rangkaian agenda penyusunan rencana kerja tahunan pemerintah daerah," ujarnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum itu menjelaskan, pihaknya telah membentuk forum sebagai wahana sekaligus upaya pemerintah daerah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan dan pembangunan sejak tahap awal perencanaan, baik dalam perspektif pendekatan perencanaan secara teknokratik maupun partisipasif.

"Dengan forum ini hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk memprioritaskan arah pembangunan setahun ke depan, sehingga produk perencanaan yang dihasilkan dapat mencapai prinsip-prinsip pelaksanaan pemerintahan yang baik," ujar Asisten.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum,mengatakan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup mengalami peningkatan yang signifikan dan pengangguran juga menunjukkan persentasi penurunan setiap tahunnya.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pada 2016 sebesar 5,15 persen di atas ekonomi Sumatera Selatan bahkan nasional.  (Ant)