Sabtu, 24 Juni 2017

Turki serang posisi militer Suriah, banyak prajurit tewas

id Perang Irak dan Suriah, Suriah
 Turki serang posisi militer Suriah, banyak prajurit tewas
Militer Suriah/file (almasdarnews.com)
Damaskus (Antara/Xinhua-OANA) - Militer Suriah pada Kamis (9/3) mengatakan di dalam satu pernyataan tembakan artileri Turki ditujukan ke posisi milisi Suriah di dekat Kota Manbij di Provinsi Aleppo, Suriah Utara, kata kantor berita resmi Suriah, SANA.

Pernyataan militer Suriah mengatakan banyak prajurit tewas dalam serangan tersebut, yang merupakan upaya untuk merusak kemajuan militer Suriah di dekat Manbij di pinggir timur-laut Aleppo.
        
Pemboman Turki itu ditujukan ke korps perbatasan Suriah, yang digelar belum lama ini di pinggiran barat Kota Manbij --yang akan menjadi garis pemisah antara pasukan Turki dan kelompok pimpinan Suku Kurdi, yang menguasai kota tersebut.
        
Kelompok Suku Kurdi dan Rusia di Suriah Utara belum lama ini sepakat bahwa Dewan Militer Manbij (MMC), pimpinan Suku Kurdi, mesti menyerahkan daerah di pinggir barat Manbij kepada militer Suriah, sementara pasukan Turki dan kelompok gerilyawan sekutunya mendekati Kota Manbij untuk mengusir anggota MMC dari kota itu.
        
Turki baru-baru ini telah mengatakan Ankara tak memiliki keberatan jika militer Suriah mengambil-alih Manbij selama kelompok dukungan Suku Kurdi keluar.
        
Namun, kesepakatan Rusia-Suku Kurdi bertujuan hanya menyerahkan wilayah di bagian barat Manbij kepada militer Suriah, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Itu merupakan bagian dari apa yang kelihatan sebagai rencana Rusia untuk menyelamatkan daerah tersebut dari bentrokan Turki-Suku Kurdi.

Menurut pernyataan militer Suriah, perang melawan teror akan berlanjut dan pasukan Suriah akan memulihkan kedamaian serta kestabilan di pinggiran Aleppo dan seluruh wilayah Suriah.
        
Militer Suriah melancarkan operasi besar terhadap posisi kelompok fanatik di pinggir timur Aleppo, dan baru-baru ini mencapai Kota Kecil Khafseh, tempat instalasi air untuk menyediakan air minum buat warga Aleppo berada.

Penerjemah : Chaidar

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0151 seconds memory usage: 0.35 MB