Bupati Minta Dewan Riset Gali Potensi Daerah

id bupati mustafa dan dewan riset daerah

Bupati Minta Dewan Riset Gali Potensi Daerah

Bupati Lampung Tengah Mustafa melantik dewan riset daerah (foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...ini menjadi langkah awal untuk bergerak cepat mengeksplorasi, menggali dan menciptakan inovasi baru sesuai dengan potensi yang ada, katanya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa meminta dewan riset daerah yang baru dikukuhkan mampu menciptakan terobosan dan inovasi baru serta menggali potensi kabupaten tersebut.

"Dengan dikukuhkannya dewan riset daerah, ini menjadi langkah awal bagi pengembangan teknologi dan inovasi di berbagai sektor," kata dia, melalui siaran pers yang diterima di Bandarlampung, Sabtu.

Sebanyak 26 orang dilantik untuk menduduki komisi sosial dan pemerintahan, komisi ekonomi pembangunan, komisi inovasi dan teknologi.

Mustafa mengingatkan ada banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan di Lampung Tengah.

Dewan riset, kata dia, diharapkan dapat berperan aktif dengan menciptakan gebrakan atau inovasi-inovasi baru yang mampu membawa perubahan bagi Lampung Tengah.

"Ada banyak potensi daerah yang perlu digali di Lampung Tengah. Dikukuhkannya dewan riset daerah, saya harap ini menjadi langkah awal untuk bergerak cepat mengeksplorasi, menggali dan menciptakan inovasi baru sesuai dengan potensi yang ada," katanya.

Lebih jauh dia memaparkan, di sektor perkebunan Lampung Tengah merupakan penghasil singkong terbesar di Indonesia, 30 persen penyumbang jagung dan beras di Lampung. Lampung Tengah juga sebagai wilayah terluas di Lampung memiliki potensi pertanian 70 persen, berperan sebagai jalur lintas tengah dan ratusan perusahaan di dalamnya.

Sementara di sektor peternakan, kabupaten yang berjuluk "Jejamo" ini merupakan pengahasil daging sapi. Saat ini juga tengah dikembangkan susu sapi perah yang akan dipasarkan secara nasional.

Di bidang kebudayaan, Lampung Tengah dikenal dengan wisata sejarah dan keberagaman budayanya. Di perbankan, Lampung Tengah memiliki Bank Rajasa yang perlu dikembangkan secara maksimal. Sementara di bidang telekomunikasi dan informasi, Bupati Mustafa telah mencanangkan program sistem infomasi kampung (SiKam) sebagai cikal bakal smart netizen Lampung Tengah.

"Seluruh potensi ini menjadi PR bagi kita semua untuk bagaimana mengembangkannya lebih baik lagi. Saya minta dewan riset dapat menciptakan produk-produk inovasi yang nantinya menjadi keunggulan Lampung Tengah. Kita harus bisa menjawab tantangan-tantangan yang bakal kita hadapi," ujar Mustafa.

Dia menambahkan, dewan riset juga bisa mendorong para SKPD-SKPD di Lampung Tengah untuk bisa membuat terobosan-terobosan baru yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan Lampung Tengah. Termasuk menciptakan konsep pelayanan yang lebih baik di setiap SKPD.

Bupati yang juga Ketua DPW Partai NasDem itu mengharapkan dewan riset daerah di daerah dalam merumuskan berbagai kebijakan yang menyangkut pembangunan dan kebijakan lainnya, mampu mengakomodasi kebutuhan yang berkembang.

"Saya kira dengan pelantikan hari ini, sudah saatnya pengurus dewan riset daerah berperan sebagai gudang pemikir untuk kemajuan Lampung Tengah, dan saya harap rekan-rekan dapat merumuskan pemantapan kebijakan dalam penguatan program untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah," kata dia.  (Ant)