GEF Hibahkan 9 Juta Dolar AS Untuk Pulihkan Harimau Sumatera

id pemulihan populasi harimau sumatera, gef hibahkan 9 juta dolar as, heri subastiandi, sekjen ksdae

GEF Hibahkan 9 Juta Dolar AS Untuk Pulihkan Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (FOTO ANTARA/Ilustrasi)

...Pendapat para ahli, saat ini ada 23 kawasan yang tersisa yang masih memiliki harimau di alam, membentang dari utara hingga selatan Pulau Sumatera," katanya...
Bogor (ANTARA Lampung) - Global Envirotment Facility (GEF) memberikan hibah sebesar 9 juta dolar AS kepada Pemerintah Indonesia melalui melalui Ditjen KSDEA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk proyek pemulihan populasi Harimau Sumatera.

"Proyek ini untuk pengelolaan kawasan konservasi, Pemerintah Indonesia menggandeng UNDP yang didukung pendanaan hibah GEF senilai 9 juta dolar AS ," kata Sekretaris Jenderal KSDAE, Heri Subastiandi dalam rapat awal proyek 'Transforming Effectiveness of Biodiversity Conservation in Sumatran Priority Landscape', di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Heri menjelaskan, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan UNDP merancang dan melaksanakan proyek 'Transforming Effectiveness of Biodiversity Conservation in Sumatran Priority Landscape" yang berlangsung selama lima tahun.

Proyek tersebut diimplementasikan di kawasan konservasi yang merupakan lanskap prioritas Sumatera, membentang dari Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Berbak-Semilang dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

"Tujuan proyek ini untuk meningkatkan konservasi keanekaragaman hayati di lanskap Sumatera melalui teknis terbaik pengelolaan kawasan konservasi dan kawasan non konservasi dengan pemulihan populasi Harimau Sumetara sebagai indikator," katanya.

Ia mengatakan, Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) salah satu sup-spesian harimau yang tersisa di Indonesia, setelah punahnya Harimau Jawa (P. t. sondaica) tahun 1980 dan Harimau Bali (P. t. balica) tahun 1940an.

Data paling umum digunakan sebagai perkiraan jumlah harimau Sumatera saat ini adalah sekitar 400-500 individu seperti yang dirangkum dalam dokumen Sumatran Tiger Action Plan tahun 1994.

"Pendapat para ahli, saat ini ada 23 kawasan yang tersisa yang masih memiliki harimau di alam, membentang dari utara hingga selatan Pulau Sumatera," katanya.

Namun bila dibandingkan dengan kondisi 10 tahun sebelumnya, bentang alam yang masih dihuni harimau ada di 29 lokasi. Hal ini menjunjukkan adanya penurunan cukup signifikan.

"Bila tidak dilakukan antisipasi serius, dikhawatirkan Indonesia bisa kehilangan sejumlah jenis harimau di alam," katanya.

Proyek ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas pengelolaan kawasan konservasi secara adaptif pada tingkat pusat dan daerah.

Yang menjadi kendala utama selama ini, lanjutnya, konservasi sumber daya alam di Sumatera adalah lemahnya tata pengelolaan sumber daya alam dan kapasitas pengelolaan kawasan konservasi, buruknya koordinasi lintas sektor, serta tidak memadainya pengelolaan dan pendanaan kawasan konservasi.

"Proyek ini untuk mengatasi kendala-kendala kelembagaan, tata kelola dan pendanaan dalam pengelolaan konservasi keanekaragaman hayati," kata Heri. (ANTARA)