Israel perkuat sistem anti-rudal Iron Dome

id Israel, rudal, Iron Dome

Israel perkuat sistem anti-rudal Iron Dome

File/Sistem Pertahanan Rudal dan Udara Barak-8 telah menyelesaikan percobaan menyeluruh komponennya, kata Israel Aerospace Industries (IAI), Senin (10/11).(idrw.org)

Jerusalem (Antara/Xinhua-OANA) - Kementerian Pertahanan Israel pada Rabu (22/2) menyatakan Tel Aviv menyelesaikan uji-coba versi baru yang ditingkatkan mengenai sistem anti-rudal Iron Dome-nya.
        
Uji-coba tersebut dilakukan di Israel Selatan untuk memeriksa kemampuan Iron Dome dalam mencegat beberapa sasaran secara berbarengan, kata Kementerian itu.
        
Percobaan tersebut bertujuan menguji untuk pertama kali rudal baru pencegat Tamir, yang secara bersama dikembangkan oleh Israel dan Amerika Serikat.
        
Tamir dirancang berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani pada 2014. "Berdasarkan kesepakatan itu, Israel berkomitmen untuk mengirim sebagian produk rudal pencegat Iron Dome ke Amerika Serikat, yang ikut mendanai sistem ini," kata pernyataan tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.
        
Produksi di AS terutama telah dilakukan oleh Raytheon melalui kerja sama dengan Lembaga Pertahanan Rudal AS.
        
Iron Dome adalah rangkaian baterei rudal yang dirancang untuk mencegat roket jarak-dekat, kebanyakan dari Jalur Gaza.
        
Sistem itu pertama kali diumumkan beroperasi pada 2011 dan dilaporkan menembak jatuh 90 persen roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza yang ditujukan ke daerah permukiman.

Penerjemah : Chaidar