BMKG : Waspadai hujan lebat dan angin kencang

id Cuaca, hujan, badai, pantai

BMKG : Waspadai hujan lebat dan angin kencang

Kondisi cuaca di Bandara Raden Inten Lampung/file (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung  (Antara Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Kamis hingga Jumat (24/2) pagi.
         
Menurut BMKG Lampung melalui petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Lampung, Kamis, dalam Infocuaca BMKG Lampung pada Kamis hingga Jumat potensi hujan lebat dan angin kencang serta kilat/petir itu berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Lampung Timur, Tulangbawang Barat, dan Lampung Selatan pada malam hari.
         
Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrim dan media sosial, kata petugas dimaksud.
         
Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku Kamis, 23 Februari pukul 07.00 WIB hingga Jumat, 24 Februari pukul 07.00 WIB, menunjukkan angin secara umum bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan antara 5-20 knot (9-38 km/jam). Jarak Pandang berkisar antara 5-10 km.
         
Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32,5 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 18-30 derajat Celsius.
         
Kelembaban udara secara umum berkisar antara 58-96 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir barat) kelembaban udara berkisar antara 65-98 persen.
         
Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pada pagi hari berawan. Pada siang hari, diprakirakan hujan ringan-sedang di Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, Tulangbawang, dan Mesuji.
         
Sore hari, berpotensi hujan ringan-sedang di Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, dan Lampung Utara.
         
Malam hari, berpotensi hujan sedang-lebat di Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Lampung Timur, Lampung Selatan, Mesuji, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Bandarlampung, Pringsewu, Pesawaran, dan Metro.

ANTARA