Sabtu, 24 Juni 2017

Bupati Wajibkan Tiap Kecamatan Siapkan Paket Wisata

id Bupati Wajibkan Paket Wisata Kecamatan, Wisata Kecamatan, Wisata Lampung Timur, Bupati Lampung Timur, Chusnunia
Bupati Wajibkan Tiap Kecamatan Siapkan Paket Wisata
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim membuka Musrenbang Kecamatan Bandar Sribhawono, di Balai Desa Sribhawono, Senin (20/2).(FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)
Bandar Sribhawono, Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mewajibkan setiap kecamatan di daerah setempat menyiapkan satu paket pariwisata unggulan yang bisa dijual kepada wisatawan.

"Saya harapkan tiap kecamatan punya paket wisata unggulan, tidak harus sama, misalkan Desa Braja Harjosari dengan agrowisata, di sini Desa Sribhawono dengan Danau Kemuning," kata Chusnunia saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2017 Kecamatan Bandar Sribhawono di Balai Desa Sribhawono, Lampung Timur, Senin.

Menurut Chusnunia, adanya paket wisata pada tiap kecamatan akan menumbuhkan ekonomi warga di sekitarnya.

"Nanti di bawahnya bisa tumbuh ekonomi kreatif, anak-anak mudanya bisa terlibat manajemen pariwisatanya, dan warga lainnya jualan produk-produk daerahnya," ujar dia.

Chusnunia mengatakan pada musrenbang kecamatan 2017 itu, usulan pembangunan sektor pariwisata menjadi program prioritas selain usulan pembangunan infrastruktur, pendidikan, keamanan, pertanian, dan kesehatan.

"Kenapa kita fokus pariwisata, karena banyak yang terpayungi melalui sektor pariwisata, karena di situ warga bisa terlibat dan berjualan apa saja, suvenir dan lainnya," kata dia.

Ia meminta Dinas PU memperbaiki akses jalan masuk pada setiap objek wisata.

"Pariwisata maju jika terpenuhi tiga hal, pertama akses jalan yang baik, kedua konten wisata atau atraksi di dalamnya yang menarik, dan tersedia 'homestay'," ujar Chusnunia.

Ia menjelaskan tentang pentingnya penginapan di objek wisata.

"Saya ingin 'homestay' ada, bukan hotel karena kalau 'homestay' warga berpartisipasi langsung," kata dia pula.

Editor: Budisantoso Budiman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0515 seconds memory usage: 0.34 MB