Nelayan Pesisir Gudang Lelang Berharap Dukungan Koperasi

id Nasib Nelayan Gudang Lelang, Nelayan Gudang Lelang, Nelayan Lampung, LSM Mitra Bentala

Nelayan Pesisir Gudang Lelang Berharap Dukungan Koperasi

Pelaksanaan RAT KUD Mina Jaya, di Bandarlampung, Kamis (16/2). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 657 orang nelayan pesisir Gudang Lelang, Telukbetung Selatan, Kota Bandarlampung yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Jaya berharap dapat menjalani kehidupan lebih baik dari sebelumnya dengan dukungan koperasi dan pemerintah setempat.

Menurut para nelayan pesisir Gudang Lelang, di Bandarlampung, Jumat, dengan kondisi cuaca yang kurang baik saat ini menghalangi mereka untuk terus melaut sehingga berpengaruh terhadap penghasilan dan penghidupan mereka. Karena itu, para nelayan memerlukan dukungan dari koperasi dan instansi yang dapat membantu mereka.   

Ir Kasman, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandarlampung berharap para nelayan itu selalu bersemangat untuk menangkap ikan, walaupun dalam 6 bulan terakhir hasil tangkapan menurun diakibatkan cuaca yang tidak bersahabat.

Dia menyatakan, saat ini ada program dari pemerintah berupa asuransi nelayanagar dapat dimanfaatkan nelayan setempat.

Menurut dia, program itu dapat diakses untuk semua nelayan.

Sejumlah nelayan di Lampung termasuk di Bandarlampung mengeluhkan kondisi cuaca kurang baik akhir-akhir ini membuat hasil tangkapan mereka menurun. Para nelayan itu banyak yang memilih tidak melaut saat kondisi cuaca kurang baik.

Berkaitan nasib para nelayan itu, LSM Mitra Bentala yang menjadi pendamping para nelayan dan peduli pada pengembangan kawasan pesisir laut di Lampung, berharap para nelayan khususnya di Teluk Lampung makin sejahtera.

Direktur Eksekutif Mitra Bentala Mashabi mengharapkan pula keberadaan KUD Mina Jaya menjadi sarana untuk membantu para nelayan setempat saat menghadapi masa sulit akibat cuaca buruk dengan hasil tangkapan sedikit atau menurun.

Mashabi berharap pula agar persatuan antarnelayan diperkokoh, dan yang paling penting untuk selalu konsisiten pula menangkap ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan agar sumber daya laut tetap terjaga untuk menjamin hasil tangkapan nelayan selalu ada hingga beberapa tahun ke depan. 

"Kepada pemerintah tentunya juga harus selalu tegas menindak pihak yang melakukan penangkapan ikan dengan cara merusak atau destructive fishing, tidak membiarkannya lagi," ujar Mashabi pula.

KUD Mina Jaya di Gudang Lelang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Kamis (16/2), di aula pertemuan nelayan Gudang Lelang. 

Dalam RAT itu, selain para nelayan, juga dihadiri pejabat Dinas Koperasi Kota Bandarlampung Yuliana, Dinas Kelautan dan Perikanan Bandarlampung diwakili Ir Kasman, pihak Kecamatan Bumi Waras, Danramil Telukbetung Selatan, HNSI Bandarlampung, dan Direktur Eksekutif Mitra Bentala selaku pendamping kelompok nelayan Gudang Lelang.

Para pejabat Pemkot Bandarlampung berharap semua nelayan masuk dalam wadah koperasi yang ada, untuk membantu kebutuhan-kebutuhan anggotanya.
KUD Mina Jaya sudah lama beroperasi dan termasuk salah satu koperasi nelayan paling sehat di Provinsi Lampung dan mencatatkan pula kontribusi terbesar pula untuk pendapatan asli Kota Bandarlampung.