Bupati Bertekad Ubah Sukadana Pusat Wisata Budaya

id Sukadana Pusat Wisata Budaya, Sukadana Lampung, Wisata Budaya Sukadana, Wisata Lampung Timur

Bupati Bertekad Ubah Sukadana Pusat Wisata Budaya

Kunjungan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim ke Rumah Budaya Sukadana, di Sukadana Darat, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Senin (13/2). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Sukadana, Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menegaskan tekad untuk mengubah Kota Sukadana menjadi salah satu pusat wisata budaya dengan membenahi fasilitas dan infrastruktur pada sejumlah destinasi wisata di kota ini.

"Sukadana memiliki banyak potensi pariwisata yang layak dikembangkan. Ibu kota Kabupaten Lampung Timur ini punya sejarah panjang yang bisa jadi daya tarik bagi wisatawan," kata Chusnunia, saat berkunjung ke Rumah Budaya Sukadana, di Sukadana Darat, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Senin.

Bupati Chusnunia mencontohkan Rumah Budaya Sukadana dan Gedung Sesat Agung di Sukadana yang belum dimaksimalkan keberadaannya untuk pengembangan sektor pariwisata di Lampung Timur.

Menurutnya, di dalam Rumah Budaya Sukadana ada banyak peninggalan sejarah kebudayaan Lampung, mulai dari perangkat upacara adat sampai berbagai jenis karya seni dan budaya.

"Keberadaan Rumah Budaya Sukadana di tengah-tengah rumah-rumah tradisional Lampung sangat penting sebagai bukti keagungan nilai-nilai budaya Lampung. Wisatawan yang berminat terhadap budaya Lampung bisa datang ke tempat ini untuk belajar," katanya lagi.

Chusnunia menambahkan, Rumah Budaya Sukadana harus dibuat semarak dengan aktivitas dan kegiatan kesenian maupun kebudayaan

"Kita berharap masyarakat mulai serius memikirkan untuk menciptakan kegiatan-kegiatan kesenian maupun kebudayaan. Ada baiknya Rumah Budaya Sukadana difungsikan sebagai tempat latihan kegiatan kesenian maupun kebudayaan," ujar Chusnunia lagi.

Karena itu, Chusnunia berharap agar generasi muda di Kecamatan Sukadana membentuk sanggar-sanggar kesenian dan kebudayaan yang kelak berkegiatan di Rumah Budaya Sukadana dan Gedung Sesat Agung.

"Sesat Agung sebagai gedung kebudayaan harus punya aktivitas yang rutin dan terjadwal," katanya pula.

Selain itu, Bupati Lampung Timur mengatakan akan membuka kawasan danau setempat sebagai destinasi pariwisata keluarga. Untuk itu, Chusnunia berharap agar objek wisata itu dikembangkan oleh masyarakat.

"Kalau masyarakat terlibat dalam pengembangannya, mereka akan bergotong royong melakukannya. Danau itu harus dikembangkan bersama-sama masyarakat," katanya lagi.

Selain objek-objek wisata yang sudah ada, Bupati Lampung Timur itu mengatakan akan mengembangkan pasar kuliner di Sukadana.

"Pasar kuliner ini dibangun di depan kantor bupati. Dengan pasar ini, kita berharap Sukadana hidup pada malam hari," ujarnya pula.