30.672 Sekolah Siap Selenggarakan UNBK

id 30.672 sekolha siap selenggarakan unbk, nizam, kepala pusat penilian pendidikan kemdikbud

30.672 Sekolah Siap Selenggarakan UNBK

Puluhan ribu sekolah mulai dari SMA/SMK/MA dan SMP/MTs tahun ini siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (FOTO: Ilustrasi/Antaranews.com/Dok)

...Soal untuk UNKP sudah sampai cetak, dan ditargetkan pada 24 Februari mendatang, naskah UN bisa disalurkan," tambah dia...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Sebanyak 30.672 sekolah siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), demikian diungkapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

"Jumlah ini melebihi target awal,  yakni sekitar 12.000 sekolah,"  ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam  di Jakarta, Jumat.

Sebanyak 30.000 sekolah tersebut terdiri dari SMA/SMK/MA dan SMP/MTs yang akan diikuti sekitar 3,7 juta siswa.

Selain itu, persiapan pelaksanaan UN baik UNBK maupun dengan menggunakan kertas pensil (UNKP) berjalan dengan baik.

"Soal untuk UNKP sudah sampai cetak, dan ditargetkan pada 24 Februari mendatang, naskah UN bisa disalurkan," tambah dia.

Pihak Kemdikbud beberapa waktu lalu juga melakukan rapat koordinasi dengan dinas pendidikan daerah, membahas mengenai persiapan UN, pengawasan, perencanaan, maupun penganggaran. Tahun ini, UN diselenggarakan di 82.000 sekolah.

Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, tak hanya diselenggarakan di sekolah tersebut namun bisa juga menumpang dengan sekolah lain yang tidak menyelenggarakan UN. "Bahkan di Sumatera Utara, pelaksanaan UNBK juga bekerja sama dengan perguruan tinggi."

Ke depan, Kemdikbud terus mendorong agar sekolah yang menyelenggarakan UNBK semakin banyak. Hal ini dikarenakan penghematan yang sangat besar jika menyelenggarakan UNBK.

UN untuk SMK akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. Kemudian untuk SMA/MA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017.

UN SMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. (Ant)