Jaga kehormatan Paskhas TNI AU

id TNI, Paskhas TNI AU

Jaga kehormatan Paskhas TNI AU

Paskhas TNI AU (ANTARA FOTO/Jessica Wuysang)

Jakarta (Antara Lampung) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto, meminta agar kebanggaan dan kehormatan sebagai Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU terus dijaga dan dipertahankan.  
   
"Sebagai prajurit komando, Paskhas harus menjaga profesionalitasnya dengan terus mengisi diri dengan ilmu pengetahuan, berlatih dan bersosialisasi dengan masyarakat," kata KSAU saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Markas Wing I Paskhas Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.
        
Terus tanamkan jiwa korsa, terus jaga korps dengan tidak melakukan perbuatan tercela di masyarakat, terus dukung pemerintah, tidak terlibat narkoba, tidak menjadi debt colector, tidak arogan di masarakat, karena kalian semua adalah tentara rakyat, kalian adalah rakyat yang saat ini sedang ditugaskan negara untuk menjadi prajurit profesional, tegasnya.
        
Ikut hadir pada kesempatan ini, Korsahli Kasau Marsda TNI Usra Harahap, para Asisten Kasau, dan Komandan Korpaskhas Marsma TNI Seto Purnomo.
        
Di hadapan ratusan prajurit Paskhas, mantan Irjen Kemhan ini mengingatkan dalam sejarah TNI, Korpaskhas telah dua kali menorehkan tinta emas, yaitu melaksanakan operasi lintas udara pertama tahun 1947 di Kalimantan, dan melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih pertama di tanah Papua pada tahun 1962.
   
Dua sejarah itu, lanjut dia, sebagai kebanggaan Korpaskhas yang harus dijaga dan dipertahankan prajurit Paskhas sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.  Dalam kiprah-kiprah berikutnya Paskhas juga telah menunjukkan perannya di berbagai medan operasi yang membanggakan.
        
"Saya ingin menyampaikan rasa bangga dan kekaguman saya kepada kalian semua sebagai pasukan komando Korpaskhas yang terlatih. Saya bangga dengan semboyan kalian "karmanye vadikaraste mavalesu kadacana", yang berarti melaksanakan tugas tanpa menghitung untung rugi dan saya minta semua itu dicamkan oleh kalian prajurit komando," jelas KSAU.
        
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap, ke depan prajurit Korpaskhas tetap menjadi prajurit yang dicintai rakyat dengan selalu memegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI.
        
"Dengan demikian Korpaskhas tidak saja akan menjadi prajurit ksatria, tetapi sekaligus militan dan loyal kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

ANTARA