Mesuji dan Tuba Jadi Perhatian Khusus Polda Lampung

id kapolda lampung, irjen pol sudjarno, perzinahan polisi, kapolda

Mesuji dan Tuba Jadi Perhatian Khusus Polda Lampung

Irjen Sudjarno (ANTARA Lampung/Roy BP)

Kami sudah menyiapkan 4000 personel untuk menghadapi pilkada serentak yang diselenggarakan di lima kabupaten di Provinsi Lampung
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) -Dua kabupten di Provinsi Lampung yang menyelenggarakan pemilihan kepada daerah menjadi perhatian khusus Polda Lampung, ini berdasarkan rekam jejak wilayah tersebut yang dianggap rawan konflik.

"Provinsi Lampung menggelar lima pilkada serentak, dua wilayah yakni Kabupaten Mesuji dan Tulangbawang menjadi perhatian khusus Polda Lampung," kata Kapolda Lampung Irjen Sudjarno di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan, perhatian khusus ini berdasarkan sejumlah indikator dan juga rekam jejak wilayahnya yang kerap timbul konflik sosial.

Oleh sebab itu, polda telah mengantisipasi sebelumnya dengan menambah personel penjagaan sekitar satu kompi setiap wilayahnya.

"Rekam jejak wilayah tersebut terutama dalam sejumlah peristiwa kerusuhan menjadi salah satu indikator masih mungkin terjadi konflik sosial dalam pelaksanaan pilkada serentak," katanya.

Ia melanjutkan, sejarah panjang inilah yang membuat Polda Lampung memberikan perhatian khusus atau lebih terhadap wilayah ini.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta setiap calon agar tetap bisa menjaga keamanan dan ketertiban selama masa tenang.

"Kita meminta kepada setiap calon untuk meminimalkan aksi yang berlebihan untuk mencegah konflik antarpendukung pasangan calon bupati di wilayah tersebut," kata dia.

Polda Lampung menyiapkan ribuan personel untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, yang akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017.

"Kami sudah menyiapkan 4000 personel untuk menghadapi pilkada serentak yang diselenggarakan di lima kabupaten di Provinsi Lampung," kata dia.

Dia mengatakan, lima kabupaten yang melakukan pilkada yakni Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tulangbawang, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Tulangbawang Barat.

Setiap kabupaten akan ditambah satu kompi atau 100 personel, khusus untuk Tulangbawang dan Mesuji akan ditambah personel jika diperlukan.

"Pada H-3 seluruh personel akan dikirim untuk disiagakan, sehingga dalam pelaksanaanya sudah siap semua," katanya.*