Bupati Lampung Timur Panen Cabai Bersama Petani

id bupati lamtim panen cabai, chusnunia chalim, bupati lampung timur, sukadana

Bupati Lampung Timur Panen Cabai Bersama Petani

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengikuti panen cabai bersama para petani di Desa Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribawono, Lampung Timur, Selasa (7/2). (Foto: Humas Pemkab Lampung Timur)

...Jika yang ditanam singkong saja saat harga turun petani singkong sedih, kecewa dan sebagainya. Tapi dengan menanam komoditas pertanian unggulan lainnya saat harga komoditas yang satu turun masih ada komoditas lainnya yang diharapkan, kata Bupati..
Bandar Sribhawono, Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim melakukan panen cabai bersama para petani cabai yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Harapanku Maju, Umbul Glimbung, Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribhawono, Selasa.

Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Lampung Timut M Yusuf HR, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Camat Bandar Sribhawono.

Bupati mengingatkan petani agar komoditas pertanian yang ditanam tidak hanya satu atau dua komoditas unggulan saja seperti singkong, mengingat kerap terjadi permainan harga oleh pasar.

"Jika yang ditanam singkong saja saat harga turun petani singkong sedih, kecewa dan sebagainya. Tapi dengan menanam komoditas pertanian unggulan lainnya saat harga komoditas yang satu turun masih ada komoditas lainnya yang diharapkan," kata Chusnunia.

Menurut Chusnunia, Lampung Timur cocok untuk budi daya berbagai tanaman pangan.

"Masih banyak petani Lampung Timur yang menanam komoditas yang tidak menjadi kebutuhan pokok warga Lampung Timur, contohnya kebutuhan bawang merah dipenuhi bukan dari hasil petani di Lampung Timur padahal komoditas bawang merah juga cocok dikembangkan di sini," kata bupati.

Bupati berpesan agar para petani di Lampung Timur bisa mengembangkan pertanian yang berbasiskan pemenuhan kebutuhan pangan setempat sehingga kebutuhan pangan masyarakatnya bisa dipenuhi dari hasil petani di daerah ini.

Selain itu, bupati juga menyampaikan selamat kepada petani cabai karena bisa memanen saat harga cabai sedang tinggi.

Dia berharap kepada para petani agar tetap bersemangat dan terus berikhtiar meningkatkan harkat dan martabat sebagai petani.  (Ant)