Pemprov Bantu Rp68,6 Miliar Perbaikan Jalan Waykanan

id gubernur rido dan adipati, bantuan dana , bupati way kanan, raden adipati surya

Pemprov Bantu Rp68,6 Miliar Perbaikan Jalan Waykanan

Pemerintah Kabupaten Waykanan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung sebesar Rp68,6 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan melalui APBD 2017 (FOTO: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

...Bantuan yang digulirkan untuk Pemkab Waykanan telah dianggarkan pada APBD murni tahun 2017, dan rencananya pada APBD Perubahan Pemprov Lampung akan kembali menggulirkan bantuan perbaikan infrastruktur jalan di Waykanan, ujar Ridho...
Waykanan,  Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung sebesar Rp68,6 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan melalui APBD 2017.

"Ya, tadinya pak Bupati datang ke saya minta dana Rp40 miliar, tapi saya tolak karena Pemprov Lampung akan memberikan bantuan sebesar Rp68,6 miliar untuk pembangunan jalan di Waykanan," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Waykanan, Minggu (5/2).

Ridho menjelaskan, di Kabupaten Waykanan terdapat infrastruktur jalan provinsi terpanjang dibandingkan kabupaten lain yaitu sekitar 260 kilometer, karena berbatasan dengam Kabupaten Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Lampung Barat (Provinsi Lampung), dan Ogan Komering Ulu Timur, dan Belitang (Provinsi Sumatera Selatan).

Menurut Ridho, bantuan yang digulirkan untuk Pemkab Waykanan telah dianggarkan pada APBD murni tahun 2017, dan rencananya pada APBD Perubahan Pemprov Lampung akan kembali menggulirkan bantuan perbaikan infrastruktur jalan di Waykanan.

"Yang pasti ini semua jerih payah pak Bupati untuk bisa mendapatkan bantuan, karena tanpa beliau Waykanan kemungkinan hanya mendapatkan setengah anggaran yang diberikan pada saat ini," ujar Ridho lagi.

Adanya bantuan perbaikan infrastrutur jalan ini, lanjut dia, dapat mengurangi ruas jalan rusak milik provinsi di Kabupaten Waykanan, selain itu juga dapat membawa perubahan bagi kampung karena warganya dapat meningkatkan pendapatan.

"Doakan saja saya dan pak Wagub sehat serta pak Bupati dan pak Wakil Bupati sehat, dan bisa menyelesaikan perbaikan jalan minimal 60 persen jalan hingga 2021 mendatang," kata Rodho pula.

Ridho yang juga Ketua Partai Demokrat Provinsi Lampung itu mengharapkan peran masyarakat untuk menjaga kondisi infrastruktur jalan di kecamatan maupun kampung, karena tidak mungkin pemkab yang mengawasi secara langsung.

"Masyarakat juga bisa mengawasi secara langsung apakah kendaraan tersebut bisa melintas di jalan tersebut atau tidak," ujar dia.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Lampung terutama kepada Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang telah datang dan berkunjung ke kabupaten ini.

"Adanya bantuan ini masyarakat akan bisa merasakan jalan mulus selama ini tidak dapat merasakan betapa enak jalan mulus tersebut," ujar Adipati yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Waykanan itu pula.

Adipati mengharapkan kepada Pemprov Lampung dapat mengalokasikan dana perbaikan infrastruktur jalan untuk Kabupaten Waykanan lebih besar dibandingkan APBD 2017 ini. (Ant)