Pemkab Lampung Timur Luncurkan Paket Wisata 2017

id Pemkab Lampung Timur Luncurkan Paket Wisata, Festival Lampung Timur, Beragam Festival Lampung Timur, Wisata Lampung Timur

Pemkab Lampung Timur Luncurkan Paket Wisata 2017

Festival Kuliner Ramadan, salah satu rangkaian festival paket wisata yang diluncurkan Pemkab Lampung Timur sepanjang 2017 ini. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur meluncurkan Paket Wisata 2017 untuk menarik para wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Agenda paket wisata yang diluncurkan Pemkab Lampung Timur disampaikan Erdy Yuliandi, Kasubbag Peliputan, Pemberitaan, dan Kerja Sama Pers Humas Pemkab Lampung Timur di Sukadana, Minggu, berlangsung sejak Februari hingga akhir tahun 2017.

Agenda wisata di daerah itu, antara lain, Festival Panen Padi (3/2) bertujuan meningkatkan produktivitas padi di Lampung Timur, sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan tanaman padi sebagai komoditas utama di Lampung Timur sehingga menjadi daerah yang berswasembada pangan. Pesertanya adalah petani, masyarakat, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha.

Jenis yang dilombakan pada festival itu adalah lomba tebak hasil panen raya, lomba tebak ukuran sawah, lomba joget di sawah, dan lomba menangkap bebek.

Selain itu, Lamtim BMX Festival (19//3) bertujaun menumbuhkembangkan semangat dan pola hidup sehat di tengah masyarakat dengan aktivitas bersepeda. Pesertanya masyarakat, Komunitas Sepeda Indonesia, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha. Lokasi di Islamic Center Kota Sukadana. Jenis lomba XC dan freestyle.

Selanjutnya, Festival Kicau Burung (26/3) bertujuan melestarikan dan menyalurkan seni dan bakat para penghobi burung berkicau, melestarikan budaya keunikan dan suara burung berkicau. Pesertanya klub penggemar burung berkicau, komunitas fotografi, dan industri kreatif di bidang burung berkicau.

Lokasi festival itu di Kecamatan Way Jepara. Jenis lomba kicauan terpanjang di satu tempat, dan kicauan terpanjang pindah tempat.

Pemkab Lampung Timur mengagendakan pula Tasyakauran Laut (8/4) bertujuan melestarikan budaya nenek moyang sebagai bangsa pelaut yang menggantungkan perekonomian dari hasil laut dengan cara tradisional, dan tetap melestarikan lingkungan sebagai wujud syukur para nelayan agar hasil tangkapan ikan mereka lebih baik dari tahun yang lalu, dan menambah daya tarik wisata di Pantai Kerang Mas.

Lokasi festival itu di Kecamatan Labuhan Maringgai. Pesertanya para nelayan Labuhan Maringgai, pelajar, dan dunia usaha. Jenis lomba, yaitu menghias kapal, tumpeng, olahan makanan ikan, dan hiburan rakyat

Pekan Seni Lampung Timur (20/4) bertujuan meningkatkan dan memasyarakatkan kecintaan terhadap budaya Lampung Timur serta melestarikan dan penggalian nilai-nilai budaya dan seni di Lampung Timur maupun Lampung umumnya.

Lokasinya di Kecamatan Bandar Sribhawono, dan jenis lomba gitar tunggal, bebandung, dedana, pecak, Tari Piring, tamborin, Gending Sriwijaya, Tari Tortor, dan Jaipong.

Mulei Meghanai (21/4), yaitu pemilihan mulei meghanai tingkat Lampung Timur untuk menjaring duta pariwisata Kabupaten Lampung Timur. Pesertanya adalah pelajar SMA/SMK dan mahasiswa. Jenis lomba pemilihan mulei dan meghanai serta fashion show.

Pemkab Lampung Timur mengagendakan pula Begawi Adat Lampung (14/5) yang bertujuan menggali dan mengembangkan nilai budaya masyarakat Lampung, memasyarakatkan budaya dan adat istiadat Lampung ke semua lapisan masyarakat. Lokasi Kota Sukadana, dengan jenis lomba pemberian gelar adat kepada bupati/menteri pariwisata.

Erdy Yuliandi menyebutkan lagi berbagai festival maupun agenda wisata yang siap digelar di Kabupaten Lampung Timur, seperti Festival Kuliner Ramadan (17 s.d. 23 Mei 2017), Petualangan Motorcross (28/6), Gebyar Wisata Mudik (27 s.d. 30/6), Festival Layang Layang (2/7), Festival Petik Lada (9/7), Festival Membaca (22/7), Festival Kuda Lumping (30/7), Festival Bersih Danau Beringin (11/8), Festival Dayung Way Bungur (13/8), Festival Musik Kreatif, (9/9), dan Festival Tari Melinting (23/9).

Masih ada lagi Festival Sepuluh Ribu Pohon (10/10), Festival Sepuluh Ribu Rebana (22/10), Festival Tapak Tilas Purbakala (28/10), Festival Way Kambas (11 s.d. November 2017) yang selama menjadi andalan sebagai agenda tahunan pariwisata Lampung Timur dipusatkan di Taman Nasional Way Kambas.

Festival Way Kambas 2017 akan melombakan forest film, forest Photography Culinary Festival, Sketsa Way Kambas, Adventure Trail, Fun and Run, Fruit Festival, dan Family Bike.