Lampung Optimalkan Potensi Sungai

id sekdaprov sutono dan normalisasi sungai, sutono, sekdaprov lampung

Lampung Optimalkan Potensi Sungai

Sekrataris Daerah Provinsi Lampung Sutono saat mempin rapat rencana normalisasi Way Mesuji dan way Tulangbawang, Kamis, (2/2) (ist)

...Pemerintah Provinsi Lampung akan menormalisasikan sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, dengan program yang terintegrasi melalui pembangunan dermaga, jalan dan pusat perdagangan...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat pembangunan dengan mengoptimalkan potensi sungai untuk mengaliri sawah dan lahan pertanian lainnya.

"Di Lampung terdapat sejumlah sungai yang mengalir serta melintasi kabupaten seperti Way Seputih, Way Mesuji-Tulang Bawang. Selama ini pemanfaatan sungai baru sebatas untuk mengaliri pesawahan saja," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Kamis (2/2).

Ia menyebutkan gubernur Lampung menginginkan adanya projek untuk sungai di Provinsi Lampung, seperti menjadikan sarana transportasi, kegiatan perdagangan, serta tumbuhnya sentra perekonomian rakyat di seputaran aliran sungai.

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Lampung akan menormalisasikan sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, dengan program yang terintegrasi melalui pembangunan dermaga, jalan dan pusat perdagangan.

Sekdaprov menjelaskan, penanganan sungai akan lebih dioptimalkan, dengan mengembalikan fungsi sungai secara umum, yakni sungai sebagai sarana transportasi dan sungai sebagai sumber kehidupan serta tempat kegiatan masyarakat Lampung ke depan.

Sutono menjelaskan, sungai yang selama ini hanya untuk mengaliri sawah, ke depan akan dibangun menjadi jalur transportasi, di bangun pelabuhan, menjadi pusat ekonomi masyarakat seperti pasar ikan segar, sayuran, dan hasil pertanian lainnya.

Sungai, menurutnya, juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam yang akan mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar.

"Pemprov Lampung akan menjadikan Sungai Tulang Bawang tumbuh berkembang seperti halnya Sungai Ramang-Ramang yang ada di Desa Berau Kabupaten Maros dan Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah," ujar Sekdaprov.

Karena itu, ia menjelaskan, sungai akan dinormalisasikan agar daerah itu ke depannya dapat berfungsi dan memberikan manfaat bagi Provinsi Lampung.

Normalisasi sungai adalah titik awal untuk membuat program-program besarnya, yang akan dilakukan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten untuk sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, sebagaimana diatur sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Akan kita sampaikan ke Menteri untuk minta penanganan normalisasi sungai karena kewenangan penanganan sungai berada di pusat," ujar mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung itu.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik Hidayat, mengatakan bahwa akan sangat menguntungkan melakukan normalisasi pada sejumlah sungai yang ada di Provinsi Lampung.

"Salah satunya pada sektor pertanian. Begitu pula dengan Way Seputih dan Way Tulang Bawang, akan sangat bermanfaat dalam segi ekonomi serta transportasi. Banyak juga perkampungan di sepanjang sungai yang hingga saat ini bergantung dari transportasi air," ujarnya.m(Ant)