Selektif Rekrutmen Tenaga Magang ke Jepang

id wakil gubernur lampung, bakhtiar basri

 Selektif Rekrutmen Tenaga Magang ke Jepang

Wakli Gubernur Lampung Bachtiar Basri (ist)

Hal itu untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak baik, seperti tenaga magang pulang ke Indonesia sebelum waktunya
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meminta satuan kerja terkait untuk menyiapkan proses rekrutmen secara selektif peserta magang ke Jepang.

"Hal itu untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak baik, seperti tenaga magang pulang ke Indonesia sebelum waktunya," kata Bachtiar Basri saat menerima audiensi Direktur International Manpower Assosiation Japan, Yanagizawa, Direktur IM Jakarta Komiya dan rombongan Ozawa, di ruang kerja Wakil Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Rabu.

Karena itu, lanjutnya, perekrutan tenaga magang harus selektif sehingga setelah kembali ke Tanah Air dapat menularkan ilmunya.

Pemerintah Provinsi Lampung, ujarnya, juga akan membantu biaya pelatihan kursus bahasa Jepang dan jika memungkinkan termasuk membantu transportasi keberangkatan para peserta magang nantinya.

Bachtiar menjelaskan, peserta magang bukanlah TKI, namun merupakan aset bangsa Indonesia yang belajar di Negeri Sakura.

"Akan ada perubahan sikap, etos kerja, budaya kerja yang penuh disiplin serta tanggung jawab dalam peningkatan produkvifitas. Sehingga Lampung akan maju dan sejahtera, lebih berkembang dikarenakan memiliki sumber daya alam yang berkualitas," ujarnya.

Wagub Lampung menjelaskan, Jepang adalah negara yang memiliki masyarakat yang kreatif dan produktif. "Atas nama masyarakat Lampung saya berterimakasih kepada Pemerintah Jepang. Semoga dari peserta magang ini akan ada pioner-pioner baru yang berkualitas," jelasnya.

Direktur IM Assosiation Jepang Mr.Yanagizawa, menyampaikan kehadiran rombongan dari Jepang untuk mengetahui secara langsung kondisi para peserta yang pernah magang di Jepang yang berasal dari Lampung.

"Apakah sudah sukses atau belum. Kami ingin memastikan bahwa ada perubahan budaya dan disiplin kerja bagi tenaga kerja dari Lampung. Sehingga ke depan akan memberikan contoh kepada masyarakat yang lainnya dan Lampung akan lebih maju dan berkembang," kata Yanagizawa. *