Wagub Bachtiar Basri Jadi Ketua HKTI Lampung

id wagub ketua hkti, abchtiar basri, wakil gubernur lampung

Wagub Bachtiar Basri Jadi Ketua HKTI Lampung

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat memberikan sambutan usai terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Provinsi Lampung periode 2017--2022 di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Minggu (29/01)

...tujuan dari HKTI adalah meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani, penduduk perdesaan dan pelaku agribisnis lainnya, kata Bachtiar...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Bachtiar Basri terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Provinsi Lampung periode 2017--2022.

"Saya akan berusaha memajukan organisasi ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Khususnya dalam menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota bersama seluruh komponen masyarakat," kata dia, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, rasa kebersamaan itu penting dalam organisasi ini, karena keberhasilan akan dapat diraih dan perlu berbuat untuk masyarakat banyak.

Menurutnya, tujuan dari HKTI adalah meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani, penduduk perdesaan dan pelaku agribisnis lainnya.

Bachtiar menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung akan terus mendorong dalam peningkatan produksi, mutu, dan daya saing produk pertanian serta hortikultura.

"Sumbangan sektor pertanian terhadap PDRB Lampung tahun 2016 sebesar 33,90 persen. Berdasarkan capaian tersebut maka membangun dan mengembangkan pertanian merupakan sebuah keharusan bagi Provinsi Lampung," ujarnya.

Menurutnya keberhasilan pembangunan pertanian akan berdampak langsung terhadap perekonomian sebagian besar masyarat Lampung.

"Pertanian memberi ruang yang cukup untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan kita," tuturnya.

Ketua Bidang OKK Dewan Pimpinan Nasional HKTI Rusfian menyampaikan, HKTI seluruh Provinsi mempunyai tugas yaitu untuk mencipatakan kerukunan yang menjadi filosofi HKTI dan keberhasilan para petani yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

"Inilah yang memperkuat gerak langkah kita dalam mengawal para petani kita di daerah,"ujarnya.

Rusfian mengatakan, Provinsi Lampung memiliki prestasi di dalam langkah mendukung program DPN HKTI dalam mensuksekan organisasi tersebut.

"Seluruh kabupaten kota di Provinsi Lampung mendukung kegiatan-kegiatan secara nasional, dan saya ingat betul bertubi-tubi para pengurus dari HKTI seluruh Provinsi Lampung mendukung suksesnya pameran HKTI sehingga mendapat pujian dari bapak Presiden kita Joko Widodo," katanya.

Ia juga mengatakan, Lampung merupakan Provinsi yang memproduksi hasil pertanian berupa singkong. Hal ini menjadikan Lampung terkenal diseluruh Indonesia.

"Di Lampung ada model menanam singkong yang terbaik. Dengan metode dan teknik ini menghasilkan hasil pertanian yang terbaik," tambahnya.  (Ant)