Messi berubah jadi "total footballer"

id lionel messi, messi, Messi berubah jadi total footballer

  Messi berubah jadi "total footballer"

Lionel Messi (ist)

"Ia mampu melakukan apapun pada serangan atau pertahanan, karena ia merupakan pemain yang sangat cerdas ia akan mengompensasi semua peluang kelemahannya

Barcelona,  (Antara/Reuters) - Pelatih Barcelona Luis Enrique memberi penghormatan kepada Lionel Messi pada Rabu untuk evolusinya menjadi "total footballer" sepanjang karirnya, yang diyakini akan membantu peraih Penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak lima kali itu memelihara kualitasnya di masa yang akan datang.

Klub juara bertahan Spanyol itu yakin bahwa pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka itu akan meneken kontrak baru sampai 2022 dalam waktu dekat, yang akan mengikatnya di klub sampai ia berusia 35 tahun, di mana direktur olahraga Robert Fernandez mengatakan pada Selasa bahwa negosiasi-negosiasi terkait kontrak baru "berjalan dengan sangat baik."
   
"Evolusi sepak bola Messi melampaui semua keraguan, dan prosesnya terjadi karena kematangannya. Sebelumnya ia nyaris hanya merupakan pencetak gol kami namun ia berevolusi menjadi "total footballer"," kata Luis Enrique pada konferensi pers yang berlangsung pada Rabu menjelang pertandingan leg kedua perempat final Piala Raja antara Barca melawan Real Sociedad.

"Ia mampu melakukan apapun pada serangan atau pertahanan, karena ia merupakan pemain yang sangat cerdas ia akan mengompensasi semua peluang kelemahannya, ia mungkin berakhir (karir sepak bolanya) pada masa yang masih sangat jauh ketika kondisi-kondisi fisiknya menurun."
 
 Messi telah mencetak lebih dari 30 gol di liga pada lima dari 12 musim penuhnya di Barca, mengukir rekor Liga Spanyol dengan koleksi 50 gol pada musim 2011/2012, dan meski mengisi peran yang lebih dalam pada dua musim terakhir untuk mengakomodasi dua mitranya di lini depan Neymar dan Luis Suarez, ia telah mencetak 15 gol di liga musim ini.

"Dengan tipe pemain seperti dirinya ia tidak memerlukan terlalu banyak kekuatan karena ia mampu bermain dengan satu atau dua sentuhan, ia tahu di mana harus berlari untuk menerima bola dan bagaimana untuk bermain tanpa bola dan memvariasikan posisinya," tambah Luis Enrique.

"Ketika Anda menambahi semuanya dengan kualitas-kualitas teknik dan fisik yang ia miliki, maka Anda mendapatkan pemain yang kami lihat setiap hari, yang merupakan pemain unik."
   
Barca menjamu Sociedad pada Kamis dengan keunggulan 1-0 dari leg pertama setelah menaklukkan tim Basque itu di kandangnya sendiri pada pekan lalu untuk pertama kalinya sejak 2007, meski mereka tidak akan diperkuat dua gelandang Sergio Busquets dan Andres Iniesta karena cedera.

"Akan menjadi suatu kesalahan untuk berpikir bahwa kami telah menyelesaikan pekerjaan. Menghadapi lawan dengan kekuatan ini, ini merupakan pertandingan yang sangat berbahaya," tambah Luis Enrique, yang timnya mengincar tiket ke semifinal Piala Raja untuk tahun ketujuh secara beruntun.

"Para pemain menyadari hal itu dan demikian juga para penggemar kami. Kami selalu kesulitan untuk mengalahkan Real Sociedad, khususnya pada pertandingan tandang, dan mereka akan menyulitkan kami. Setelah leg pertama, mereka tidak memiliki resiko apa pun."