Mahasiswa Darmajaya Selesaikan Kuliah di Luar Negeri

id Mahasiswa Darmajaya Keluar Negeri, IBI Darmajaya, Darmajaya Lampung

Mahasiswa Darmajaya Selesaikan Kuliah di Luar Negeri

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung peserta Program Student Mobillity di Thailand dan Tiongkok, serta program joint research di Malaysia berpose bersama. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung peserta Program Student Mobillity di Thailand dan Tiongkok, serta program joint research di Malaysia telah menyelesaikan tugas dan kembal dengan meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) sempurna.

Menanggapi prestasi itu, Rektor Darmajaya Ir Firmansyah Y Alfian MBA MSc, di Bandarlampung, Kamis, mengapresiasi dan bangga kepada para mahasiswanya itu.

Ia mengucapkan selamat datang kembali di Kampus Darmajaya kepada mahasiswa student mobility dan joint research yang telah menyelesaikan kuliah selama 1 semester di luar negeri.

"Mereka tak hanya berani, dan percaya diri untuk kuliah di luar negeri, tetapi mereka juga mampu meraih prestasi. Ini membuktikan bahwa mahasiswa kita juga memiliki potensi yang tak kalah dengan mahasiswa luar negeri," ujarnya.

Menurut Firmansyah, pengalaman kuliah di luar negeri tak hanya menambah ilmu pengetahuan di bidang akademik saja, melainkan juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan beradaptasi, berwawasan kebudayaan internasional, dan berdaya saing global.

Para mahasiswa itu telah tiba kembali di Lampung, dan mendapatkan penyambutan di gedung pascasarjana Kampus Darmajaya, Rabu (18/1).

Mereka adalah Widia Savitri dengan IPK 4, dan Resti Riana Putri dengan IPK 4 menyelesaikan Program Student Mobillity di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok.

Kemudian, Ribka dengan IPK 4, Ronal Diantry dengan IPK 3,65, Zainudin dengan IPK 3,5, dan Christine Dian Pertiwi dengan IPK 3,6 menyelesaikan Program Student Mobillity di Rajamangala University of Technology Krugthep Thailand.

Sedangkan Willis Marcelina Azeharie yang menyelesaikan joint research di University Teknologi Malaysia Melaka (UTeM) juga meraih nilai A+ untuk penelitiannya di bidang kesehatan bank, dan meraih IPK 4.

Salah satu mahasiswa student mobility Widia Savitri, mengaku sangat antusias dan semangat untuk belajar beradaptasi di lingkungan baru.

"Alhamdulliah kami meraih IPK 4. Tanpa semangat dan motivasi yang kuat kami tidak akan mendapat hasil yang memuaskan. Belajar di NTVU tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, tapi juga memberikan kesempatan untuk belajar bahasa mandarin dan mengenal kebudayaan serta sejarah Tiongkok," ujarnya lagi.

Mahasiswa beasiswa Bidik Misi Darmajaya itu, menuturkan untuk meraih nilai kuliah yang baik mengaku selalu belajar terlebih dahulu sebelum masuk kelas, berusaha datang tepat waktu saat perkuliahan, dan mengerjakan tugas dengan baik.

"Sebagai mahasiswa internasional kami pun tidak lupa untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia dengan mahasiswa internasional lainnya yang juga sedang studi di NTVU," katanya pula.